Apakah Karawang Masuk Jabodetabek? Ini Penjelasannya

Rabu, 20 September 2023 - 16:28 WIB
loading...
Apakah Karawang Masuk Jabodetabek? Ini Penjelasannya
Karawang merupakan sebuah wilayah kabupaten yang menjadi bagian Provinsi Jawa Barat. Foto/Dok. Pemkab Karawang
A A A
JAKARTA - Karawang merupakan sebuah wilayah kabupaten yang menjadi bagian Provinsi Jawa Barat . Wilayah ini dikenal sebagai daerah dengan upah minimum regional (UMR) tertinggi di Indonesia tahun 2023.

Tak hanya memiliki sejarah panjang dalam keberadaannya, Karawang juga mempunyai banyak mendapat julukan. Salah satunya adalah ‘Kota Lumbung Padi’ yang didasarkan pada kepemilikan lahan pertanian luas dan subur di wilayahnya.

Melihat letak wilayahnya, Karawang juga berbagi perbatasan dengan sejumlah daerah lain. Di antaranya seperti Kabupaten Bekasi di barat, Kabupaten Bogor di selatan, Laut Jawa di utara, hingga Kabupaten Subang di bagian timur.



Tak jarang sebagian orang menganggap Karawang masuk dalam kelompok Jabodetabek karena berbatasan dengan Bekasi dan Bogor. Namun, benarkah demikian?

Apa Karawang Masuk Jabodetabek?


Mengacu pada penyematan istilah ‘Jabodetabek’, Karawang tentu tidak termasuk di dalamnya. Singkatnya, Karawang bukan bagian dari wilayah-wilayah yang dikelompokkan dalam Jabodetabek.

Bagi masyarakat umum, istilah Jabodetabek tentu sudah tidak asing. Sebutan tersebut merupakan akronim dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.



Lebih jauh, Jabodetabek merujuk pada kawasan metropolitan Jakarta dan sekitarnya. Melihat sejarahnya, istilah tersebut berawal dari konsep metropolitan yang sempat dicetuskan Ali Sadikin kala menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Meski dikelompokkan menjadi satu dalam arti Jabodetabek, wilayah-wilayah tersebut tidak semuanya masuk dalam Provinsi DKI Jakarta. Dalam hal ini, Karawang tetap berada dalam wilayah provinsi masing-masing. Misalnya, Bogor, Depok, dan Bekasi yang masuk Jawa Barat, serta Tangerang yang menjadi bagian Banten.

Kembali ke pembahasan Karawang, meski wilayahnya mungkin dekat dengan sejumlah daerah di kawasan Jabodetabek, Karawang tetap tidak termasuk di dalamnya. Karawang berdiri sebagai sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)