XL Kolaborasi PBNU Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Selasa, 23 Mei 2017 - 23:13 WIB
XL Kolaborasi PBNU Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital
XL Kolaborasi PBNU Kembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital
A A A
JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkolaborasi mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif melalui program “XL NUsantara – Ekosistem Ekonomi Kreatif Berbasis Digital". Kedua belah pihak sepakat memfasilitasi anggota NU dan masyarakat agar bisa memanfaatkan teknologi digital secara produktif.

“XL Axiata menyambut baik kerja sama dengan PBNU ini. Kami manajemen XL Axiata dan PBNU, memiliki kesamaan visi untuk mengelevasi masyarakat Indonesia yang merupakan mass digital consumers untuk berpartisipasi aktif memanfaatkan teknologi memberi nilai tambah untuk peningkatan produktivitas dan kualitas hidup," ujar Presiden Direktur CEO XL Axiata, Dian Siswarini dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/5/2017).

"Ini sesuai dengan misi dan tanggung jawab sosial XL Axiata mendukung pemerintah NKRI untuk menjadi wadah yang mengakselerasi ekonomi kreatif berbasis digital, mendorong pertumbuhan konten-konten positif untuk meng-counter ekstrimesme digital," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar NU, KH Said Aqil Siroj mengatakan, Kolaborasi XL Axiata dengan PBNU merupakan orkestrasi bersama seluruh stakeholder bangsa untuk menjaga NKRI dan memasyarakatkan Islam Nusantara yang ramah, damai, dan toleran serta untuk mewujudkan tatanan dunia yang adil dan beradab. "Di sisi yang lain diharapkan mampu menggerakkan potensi bangsa dan negara untuk memenangkan persaingan global,” kata Said.

Selanjutnya, program XL-Nusantara akan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif berbasis digital di Indonesia yang akan diwujudkan melalui beberapa bidang, terutama bidang pendidikan, ekonomi, pemberdayaan masyarakat, serta entertainment. Dalam implementasinya, program ini nanti akan menggunakan pendekatan dan pengembangan Community, Collaboration, and Co-Creation yang terbuka bagi berbagai pihak untuk berpartisipasi. Untuk itu, XL Axiata akan menyediakan kartu keangotaan NU yang dinamakan “XL NUsantara”.

Kartu keanggotaan ini merupakan kartu identitas digital dalam bentuk SIM Card yang didalamnya sudah terintegrasi akun uang elektronik atau e-money yang memberikan akses layanan keuangan berbasis digital kepada semua anggota NU. Kartu Keanggotaan NU berbasis layanan keuangan digital dan konektivitas ini adalah pilar utama yang akan menopang platform ekonomi digital bagi komunitas NU, dan juga masyarakat Nusantara secara luas.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2404 seconds (0.1#10.140)