Nenek Moyang Virus Corona Bersembunyi di Kelelawar Siap Menginfeksi Manusia

Senin, 03 Agustus 2020 - 07:28 WIB
loading...
Nenek Moyang Virus Corona Bersembunyi di Kelelawar Siap Menginfeksi Manusia
Nenek moyang virus Corona dipercaya selama beberapa dekade bersembunyi di kekelawar untuk kemudian menginfeksi manusia. Foto/Live Science/©Shutterstock
A A A
JAKARTA - Nenek moyang virus Corona baru mungkin telah beredar di kelelawar tanpa diketahui selama beberapa dekade. Bahayanya, virus Corona itu kemungkinan juga memiliki kemampuan untuk menginfeksi manusia, menurut sebuah penelitian baru. (Baca juga: Epidmiolog: Istilah Zona Hijau dan Kuning Sesat, Indonesia Merah Corona )

Untuk memahami dari mana asal virus Corona, yang dikenal sebagai SARS-CoV-2, dan bagaimana penyebarannya ke manusia, para ilmuwan perlu melacak sejarah evolusinya melalui gen virus, yang dikodekan dalam asam ribonukleat atau RNA. Tetapi sejarah evolusi SARS-CoV-2 rumit, karena virus Corona diketahui sering bertukar materi genetik dengan virus Corona lain.

Pertukaran gen, yang disebut rekombinasi genetik, juga mempersulit para ilmuwan untuk mengetahui bagaimana virus Corona pertama kali menyebar ke manusia. Beberapa peneliti mengusulkan penularan kelelawar ke manusia secara langsung, sementara yang lain berhipotesis ada spesies tengah, seperti trenggiling, yang terlibat.

Dalam studi baru, yang dilaporkan Live Science, para peneliti pertama-tama mengidentifikasi bagian RNA dalam genom SARS-CoV-2 yang telah berevolusi "sebagai satu bagian utuh," tanpa rekombinasi genetik, sejauh yang mereka bisa pelajari, kata co-lead penulis Maciej Boni, seorang profesor biologi di Pusat Dinamika Penyakit Menular di Penn State.

Mereka kemudian membandingkan wilayah genetik ini dengan daerah yang memiliki virus Corona serupa yang ditemukan pada kelelawar dan trenggiling. Menambahkan bukti untuk mendukung temuan sebelumnya, mereka menemukan SARS-CoV-2 paling erat terkait dengan virus Corona kelelawar lain yang dikenal sebagai RaTG13.

Dalam studi sebelumnya, para ilmuwan telah melihat secara khusus pada gen yang bertanggung jawab atas apa yang disebut domain pengikat reseptor (RBD) dari protein "lonjakan" virus Corona -bagian yang memungkinkan virus untuk berlabuh ke reseptor ACE2 dalam sel manusia dan menginfeksi mereka.

Penelitian itu menemukan bagian RBD dari protein lonjakan secara genetik lebih mirip dengan virus Corona yang ditemukan pada trenggiling (disebut Pangolin-2019) dibandingkan RaTG13. Ada dua penjelasan yang mungkin untuk temuan ini.

Pertama, virus SARS-CoV-2 telah berevolusi kemampuannya untuk menyebar ke manusia dalam trenggiling (tidak mungkin, mengingat bahwa SARS-CoV-2 lebih dekat hubungannya dengan RaTG13 daripada virus trenggiling yang dikenal). "Penjelasan kedua, bahwa SARS-CoV-2 telah memperoleh RBD ini melalui rekombinasi dengan virus trenggiling," kata Boni.

Tetapi dalam analisis baru, para peneliti tidak menemukan bukti rekombinasi dalam gen protein lonjakan SARS-CoV-2. Sebagai gantinya, data sekuensing genetik baru menyarankan penjelasan ketiga untuk apa yang terjadi: Gen-gen untuk protein lonjakan, dan dengan demikian kemampuan virus korona untuk menginfeksi sel manusia, diturunkan dari nenek moyang yang sama yang akhirnya memunculkan ketiga virus Corona. Masing-masing adalah SARS-CoV-2, RaTG13, dan Pangolin-2019.

Para penulis mencatat masih mungkin trenggiling "atau spesies lain yang belum ditemukan" bisa bertindak sebagai inang perantara yang membantu penyebaran virus ke manusia. "Tapi itu tidak mungkin," kata Boni lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)