2 Calon Presiden Wanita Amerika Serikat 2024

Jum'at, 22 September 2023 - 20:27 WIB
loading...
2 Calon Presiden Wanita Amerika Serikat 2024
Dua calon presiden wanita AS 2024 Marianne Williamson (kiri) dan Nikki Haley (kanan). Foto/Kolase/Sindonews
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada dua wanita yang maju sebagai Calon Presiden Amerika Serikat 2024. Pemilihan presiden Amerika Serikat selalu menjadi sorotan dunia, dan pada tahun 2024, ada potensi sejarah yang akan terjadi.

Kita mungkin akan menyaksikan dua calon presiden wanita yang memperebutkan kursi tertinggi di negara super power tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua calon potensial yang memiliki peluang besar untuk mencapai pencapaian luar biasa ini.

Calon Presiden Wanita Amerika Serikat 2024

1. Nikki Haley

2 Calon Presiden Wanita Amerika Serikat 2024

Nikki Haley. Foto/US News

Nikki Haley lahir pada 20 Januari 1972 di Bamberg, Carolina Selatan. Orang tuanya adalah imigran Sikh, Dr. Ajit Singh Randhawa dan Raj Kaur Randhawa, yang pindah ke Carolina Selatan dari Distrik Amritsar di Punjab, India.

Ia menyelesaikan pendidikan di Sekolah Persiapan Orangeburg dan memperoleh gelar B.S. di bidang akuntansi dari Clemson University pada tahun 1994.

Mantan Duta Besar AS untuk PBB ini, resmi mendaftar sebagai calon presiden AS dari Partai Republik pada 14 Februari 2023, bertepatan dengan Hari Valentine.

Ia adalah politikus kedua dari Partai Republik yang mendaftar setelah mantan Presiden Donald Trump untuk pemilu tahun 2024. Trump sebelumnya mengumumkan pencalonannya pada 15 November 2022.

Haley, yang berusia 51 tahun, akan menantang Trump dalam konvensi internal Partai Republik. Jika berhasil memenangkan konvensi, Haley akan menjadi calon presiden Partai Republik yang akan bersaing dengan calon presiden Partai Demokrat.

Nikki Haley mengumumkan pencalonannya dan segera memulai kampanye setelahnya. Kampanye dimulai di Charleston, South Carolina, tempat dia menjabat gubernur pada 2011-2017.

Haley memfokuskan platform kampanyenya pada tiga bidang utama yakni kebijakan luar negeri, ekonomi, dan masalah imigrasi.

Dalam kebijakan luar negeri, dia mendukung bantuan keuangan AS untuk Israel dan Ukraina. Selain itu, Haley ingin menghentikan alokasi anggaran kongres dan mereduksi inflasi, serta mendorong penggunaan E-Verify.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)