Toyota Restui SkyDrive

Selasa, 06 Juni 2017 - 06:05 WIB
Toyota Restui SkyDrive
Toyota Restui SkyDrive
A A A
TOKYO - Hasrat untuk melihat mobil terbang bakal tercapai, rencana ini tinggal menunggu Toyota mengumumkan untuk meluncurkan kendaraan bersangkutan dalam pembukaan Temasya Olimpiade yang akan berlangsung di Tokyo pada 2020.

Sekelompok 30 insinyur muda dari industri mobil dan kedirgantaraan mengusahakan proyek yang dibiayai oleh sejumlah investor termasuk anak perusahaan Toyota sejak tahun 2014.

Kepala Cartivator, Tsubasa Nakamura yakin, meskipun kendaraan yang dikemudikan oleh manusia digelar SkyDrive itu masih di tahap awal, namun ia mengharapkan satu prototipe yang dipandu manusia akan diuji penerbangan pada akhir tahun depan sebagai persiapan untuk menyalakan obor Olimpiade.

Ujian itu adalah untuk melihat kemampuan mobil itu melakukan pendaratan dan 'mengambang' di permukaan tanah serta memastikan desain kendaraan itu cocok untuk periode penerbangan yang lebih panjang dan ketinggian maksimum yang dapat dicapai.

Mobil yang dikemudikan oleh manusia digelar SkyDrive itu akan memiliki empat set kipas berukuran 2,9 meter dan 1,3 meter lebar, sekaligus menjadi mobil terbang listrik terkecil dunia dan direkomendasikan untuk penggunaan di kota kecil.

Insinyur Cartivator menargetkan untuk mengkomersialkan kendaraan itu pada tahun 2025.

Pada bulan lalu, Perusahaan Toyoto Motor dan anak perusahaannya setuju untuk menginvestasikan 42,5 juta yen dalam proyek tiga tahun mendatang. Kelompok itu juga dikatakan sedang berusaha untuk memperbaiki desain dan melihat lebih banyak investor dalam proyek tersebut.

Sebelumnya, perusahaan layanan berbagi transportasi, Uber mengumumkan untuk meluncurkan sistem mobil terbang untuk memudahkan orang bergerak dari satu lokasi ke lokasi lain khususnya di daerah perkotaan pada tahun 2020 di Dallas-Fort Worth, Texas dan Dubai.

Namun pembuat mobil terbang itu gagal meyakinkan publik tentang pengawasan dan tingkat keamanan.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6509 seconds (0.1#10.140)