Strategi Daihatsu Hadapi Dua Penantang Baru di Segmen Low MPV

Selasa, 06 Juni 2017 - 22:32 WIB
Strategi Daihatsu Hadapi Dua Penantang Baru di Segmen Low  MPV
Strategi Daihatsu Hadapi Dua Penantang Baru di Segmen Low MPV
A A A
JAKARTA - Pasar kendaraan roda empat di segmen low MPV (multi purpose vehicle) bakal kedatangan dua pemain baru. Mereka adalah Mitsubishi XM dan Wuling Confero S.

Bagaimana Daihatsu menghadapi dua penantang baru yang akan ikut memanaskan persaingan di segmen kendaraan favorit masyarakat Indonesia ini? PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan Daihatsu Xenia-nya memiliki beberapa strategi.

Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, strategi pertama adalah mengembangkan network. Hal ini terkait dengan perawatan dan ketersediaan suku cadang.

"Pertama kita mengembangkan network. Kenapa? karena di segmen ini yang paling penting buat mereka (konsumen) bukan hanya produk melainkan juga layanan purna jualnya bagaimana. Layanan ini meliputi (bengkel) perawatan, dan ketersediaan spare part (suku cadang)," ujarnya di Jakarta.

Menurut Hendrayadi, networking yang luas dan mudah akan menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih kendaraan. "Apabila jaringan purna jual kita semakin lebar, semakin banyak, di mana-mana ada, pasti ini menjadi bahan pertimbangan (konsumen). Nah, itu yang pertama," jelasnya.

Kedua, lanjut dia, dari sisi pricing atau harga. "Segmen ini gemuk, tapi harganya harus terjangkau. Oleh karena itu positioning dari pricing Xenia ini juga di-setting dengan posisi paling pas di segmennya," kata Hendrayadi.

Hendrayadi mengatakan apabila kedua strategi ini berjalan baik yaitu network dan pricing, tinggal bagaimana aktivitas bisnisnya, seperti promosi dan program-program penjualan lain.

Seperti diketahui, segmen low MPV yang saat ini diisi Daihatsu Xenia bersama dengan Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga menjadi sumber penjualan pelaku industri automotif. Kehadiran Mitsubishi XM dan Wuling Confero S dipastikan akan menambah persaingan di segmen ini. Lalu siapakah yang mampu bertahan dan mendominasi penjualan, kita tunggu selanjutnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4772 seconds (0.1#10.140)