India Kirim 'Monster' ke Luar Angkasa

Selasa, 06 Juni 2017 - 17:00 WIB
India Kirim Monster ke Luar Angkasa
India Kirim 'Monster' ke Luar Angkasa
A A A
NEW DELHI - Badan antariksa India mengklaim telah berhasil meluncurkan sebuah roket satelit berukuran monster seberat 640 ton di situs peluncuran dekat Teluk Bengal di Sriharikota, hari ini.

Seperti dilansir dari NDTV, peluncuran roket yang dikenal sebagai Geosynchronous Satellite Launch Vehicle (GSLV) Mk III, atau 'Fat Boy' itu dianggap sebagai 'hari bersejarah untuk India'.

India Kirim 'Monster' ke Luar Angkasa


Dimengerti, dengan adanya roket itu, ia secara tidak langsung akan mengurangi ketergantungan Organisasi Penelitian Antariksa India (Isro) terhadap Eropa dalam meluncurkan satelit berukuran besar dan berat.

Sementara itu, BBC dalam laporannya membandingkan berat roket tersebut dengan sekitar 200 ekor gajah atau lima buah jet jumbo.

Sebelumnya, India mencetak sejarah dunia dengan meluncurkan 104 buah satelit dalam satu hari, waktu India. Jumlah itu hampir tiga kali lipat rekor sebelumnya dari 37 satelit dalam satu hari, yang dilakukan oleh badan antariksa Rusia pada tahun 2014.

Seperti dilansir dari, BBC, India Space Research Organization (ISRO) meluncurkan Roket Kendaraan Peluncur Satelit Polar (PSLV) yang membawa satelit dari tujuh negara, berangkat pada pukul 9.28 pagi waktu setempat dari pusat angkasa Sriharikota di timur India.

Sebanyak 96 buah satelit yang diluncurkan adalah milik Amerika Serikat (AS) sementara lima lagi dimiliki oleh Israel, Kazakhstan, Uni Emirat Arab, Swiss dan Belanda.

India turut meluncurkan tiga buah satelit miliknya termasuk satelit pemetaan yang terpercaya mampu mengambil gambar resolusi tinggi untuk memantau musuh tradisional yaitu Pakistan dan China.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8129 seconds (0.1#10.140)