Dua Bulan di Luar Angkasa, Astronot NASA telah Kembali ke Bumi

Senin, 03 Agustus 2020 - 15:01 WIB
loading...
Dua Bulan di Luar Angkasa, Astronot NASA telah Kembali ke Bumi
Pesawat luar angkasa komersial milik SpaceX, Crew Dragon, yang membawa astronaut Doug Hurley dan Bob Behnken, dinyatakan berhasil mendarat di lepas pantai Pensacola, Teluk Meksiko, Minggu (02/08/2020), pukul 14.48 waktu setempat.FOTO/ IST
A A A
FLORIDA - Empat buah parasut yang mengangkut kapsul Dragon melayang di atas Teluk Meksiko. Parasut memperlambat laju kapsul luar angkasa tersebut, dari 560 km/jam menjadi 24 km/jam saat mendarat.

Pesawat luar angkasa komersial milik SpaceX, Crew Dragon, yang membawa astronaut Doug Hurley dan Bob Behnken, dinyatakan berhasil mendarat di lepas pantai Pensacola, Teluk Meksiko, Minggu (02/08/2020), pukul 14.48 waktu setempat. (Baca juga: Koalisi Selamatkan Indonesia Imbas Tumpulnya Barisan Oposisi)

Setelah sampai di perairan, alat berat digunakan untuk mengangkat kapsul keluar dari air dan dipindahkan ke kapal. Kedua astronot itu kemudian diperiksa oleh staf medis, sebelum diterbangkan ke daratan dengan helikopter.

"Ini benar-benar kehormatan dan hak istimewa kami," kata Hurley, sesampainya di Bumi, dikutip dari BBC, Senin (3/8/2020).

Berkat pendaratan ini, menandai pendaratan pertama yang dilakukan astronaut Amerika Serikat di lepas pantai, sejak misi luar angkasa terakhir Apollo pada 45 tahun lalu.

Pada akhir Mei lalu, Kapsul Dragon mengantarkan Hurley dan Behnken ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), berkat bantuan roket Falcon9 yang diciptakan oleh SpaceX. Kapsul itu langsung masuk ke proses perbaikan, untuk menjalankan misi kembali pada tahun depan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)