Semua Mobil Nissan Akan Dilengkapi AEB 2018

Sabtu, 10 Juni 2017 - 22:02 WIB
Semua Mobil Nissan Akan Dilengkapi AEB 2018
Semua Mobil Nissan Akan Dilengkapi AEB 2018
A A A
NEW YORK - Nissan mengumumkan semua kendaraan baharunya yang dijual di Amerika Serikat pada tahun 2018 akan dilengkapi dengan sistem rem darurat otomatis (AEB) secara standar.

Langkah itu sekaligus untuk memperkenalkan AEB, yaitu salah satu fungsi dalam paket bantuan pemandua Nissan Intelligent Safety Shield.

Keselamatan jadi faktor yang jadi perhatian pabrikan. Nissan misalnya, mereka akan menambahkan sebuah fitur rem darurat otomatis atau Automatic Emergency Braking (AEB) sebagai fitur standar.

Memang, fitur itu tak akan disematkan pada mobil Nissan di seluruh dunia, melainkan baru terjadi di pasar Amerika Serikat (AS). Dikutip Carscoops, Jumat (9/6), fitur rem darurat tersebut rencananya akan menjadi fitur standar mulai tahun 2018.

Adapun, fitur ini sebelumnya tersedia sebagai opsi pada model Rogue, Rogue Sport, Altima, Sentra, Maxima, Leaf, Murano, dan Pathfinder. Di AS sendiri, jenama Jepang itu menjual 1 juta unit mobil tiap tahun.

"Berita besar bahwa kami membuat AEB sebagai standar pada seluruh varian dari model paling laris kami," ucap Vice President Product Planning Nissan Amerika Utara.

Sedangkan menurut Mark Rosekind selaku Kepala Badan Keselamatan Lalu Lintas AS (NHTSA), sebagaimana dilansir laman Autoblog, fitur rem darurat otomatis harus terpasang pada semua mobil, baik yang murah, mahal, transmisi manual, maupun matik.

Di AS sendiri tercatat ada lima juta kasus kecelakaan setiap tahunnya. Diharapkan fitur AEB dapat mengurangi jumlah kecelakaan tersebut mencapai 20 persen atau sekitar satu juta kasus.

Mark menambahkan, rencana aturan terkait inovasi otomotif berupa rem darurat otomatis untuk semua jenis mobil sudah ia sampaikan ke seluruh pabrikan mobil. Sebanyak 17 pabrikan pun mengaku menyetujuinya.

Mereka adalah Audi, BMW, Fiat Chrysler, General Motor, Honda, Hyundai, Jaguar Land Rover, Kia, Maserati, Mazda, Mitsubishi, Nissan, Porsche, Subaru, Tesla, Volvo, dan Volkswagen.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8633 seconds (0.1#10.140)