ESET Beberkan Cara Ransomware Menyerang

Sabtu, 10 Juni 2017 - 20:25 WIB
ESET Beberkan Cara Ransomware Menyerang
ESET Beberkan Cara Ransomware Menyerang
A A A
JAKARTA - Ransomware menjadi virus yang sangat populer belakangan ini. Dimana pada dasarnya ransomware adalah sejenis virus malware yang menginveksi komputer dan mengenkripsi file-file yang ada pada komputer.

Selanjutnya pelaku akan meminta tebusan berupa uang kepada pemilik komputer yang terinveksi ransomware. Seiring perkembangannya ESET Indonesia melihat, kedepannya virus ini akan terbagi menjadi dua tipe dalam melakukan serangan.

"Masa depan ransomware akan ada dua tipe. Pertama mengekripsi sistem dan yang kedua mengekrispsi data. Siapa targetnya ? targetnya adalah internet of think (IoT). Jadi semua perangkat yang terkoneksi sangat mungkin untuk terserang," ujar Technical Support ESET Indonesia, Mahiruddin, di Jakarta, Sabtu (10/6/2017).

Lebih laniut, Ia mencontohkan, semisal perangkat microwafe yang terkoneksi dengan internet. Pelaku akan melakukan serangan sehingga alat tersebut terkunci. Jadi mereka akan megirimkan pesan ke smartphone langsung dengan pesan meminta tebusan, bila tidak suhu pada microwafe akan terus meningkat dan meledak.

"Hal ini sangat mungkin terjadi di masa depan ketika semuanya sudah terkoneksi IoT," tandasnya.

Meski telah memprediksi, ESET Indonesia pun telah menghadirkan beberapa solusi. Disni ESET meikis ransomware decryptor yang dapat digunakan korban secara gratis, diantaranya TeslaCrypt, Crysis, dan CryptProjectXXX.

"Ini dapat digunakan secara gratis ketika pengguna terkena ransoware. Tapi alangkah baiknya bila pengguna melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan update, back up data, dan rutin mengganti password itu lebih baik," tukasnya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3348 seconds (0.1#10.140)