Resmikan Kereta Cepat, Jokowi: Kita Semua Tidak Boleh Alergi Terhadap Kritik

Senin, 02 Oktober 2023 - 11:19 WIB
loading...
Resmikan Kereta Cepat, Jokowi: Kita Semua Tidak Boleh Alergi Terhadap Kritik
Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Presiden Jokowi meminta agar semua pihak tidak alergi terhadap kritik dari masyarakat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar semua pihak tidak alergi terhadap kritik dari masyarakat. Justru kritik tersebut dapat dijadikan pembelajaran dan pengalaman untuk membangun infrastruktur yang baik.

Hal disampaikan Jokowi seusai meresmikan pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023).

"Karena itu saya pesan agar kita semuanya tidak alergi terhadap kritik. Dan tetap semangat untuk belajar karena pengalaman kita membangun infrastruktur baik Jalan Tol, Pelabuhan, bandara Bendungan transportasi telah memberikan pengalaman dan bekal kita untuk menghasilkan hasil-hasil yang lebih baik di masa depan," kata Jokowi dalam sambutannya di Stasiun Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.



Jokowi juga mengatakan kereta cepat, LRT hingga MRT merupakan suatu hal yang baru bagi bangsa Indonesia. Dirinya pun meminta semua pihak untuk tidak takut belajar mencoba hal baru.

"Proyek kereta cepat ini merupakan hal baru bagi kita, MRT juga hal baru bagi kita, LRT juga hal baru bagi kita, kereta cepat juga hal baru bagi kita. Baru teknologinya, baru kecepatannya dan juga konstruksinya. baru juga model pembiayaannya. Semuanya serba baru dan kita tidak boleh takut belajar dan mencoba hal-hal yang baru dan dalam proses itu bisa muncul hal-hal yang tidak terduga, kesulitan kesulitan di lapangan, masalah-masalah dan ketidaksempurnaan," tambahnya.



Menurut Jokowi pengalaman dinilai sangat mahal, namun sangat berharga. Maka semua pihak tidak perlu takut karena jika konsisten secara terus-menerus akan sedikit menimbulkan kesalahan. "Biaya kesalahan juga akan semakin menurun dan pada akhirnya biaya produksi, biaya proyek lama-kelamaan juga akan semakin rendah," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, keberanian akan mencoba hal-hal baru memberikan kepercayaan, memberikan kesempatan untuk belajar kepada anak-anak bangsa. "Dan akan sangat berguna bagi masa depan membuat SDM-SDM kita semakin maju dan bangsa kita semakin Mandiri," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengatakan dengan diresmikannya pengoperasian Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Whoosh sebagai tanda bentuk modernisasi transportasi massal Indonesia. "Kereta cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien yang ramah lingkungan dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun terintegrasi dengan TOD transit oriented development," tandasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)