Ratusan Pemukim Yahudi Berusaha Melakukan Ritual Talmud di Masjid Al-Aqsa

Senin, 02 Oktober 2023 - 17:01 WIB
loading...
Ratusan Pemukim Yahudi Berusaha Melakukan Ritual Talmud di Masjid Al-Aqsa
Ratusan pemukim Yahudi Israel memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa saat merayakan hari raya Yahudi Sukkot, pada Senin 2 Oktober 2023. Foto/Ilustrasi: Daily Sabah
A A A
YERUSALEM - Ratusan pemukim Yahudi Israel memaksa masuk ke kompleks Masjid Al-Aqsa saat merayakan hari raya Yahudi Sukkot, pada Senin 2 Oktober 2023. Anadolu Agency melaporkan dua hari terakhir masjid ini telah menjadi titik konflik.

Sukkot adalah hari libur selama sepekan, yang dimulai pada tanggal 29 September dan akan berlanjut hingga 6 Oktober, mengakhiri musim hari raya Yahudi yang dimulai dengan merayakan hari raya Rosh Hashanah (Tahun Baru) pada tanggal 15 September.

Dalam sebuah pernyataan, seorang pejabat Departemen Wakaf Islam yang dikelola Yordania mengatakan ratusan pemukim Israel yang dikawal polisi Israel memaksa masuk ke kompleks tersebut melalui Gerbang Al-Mughrabi.



Para pemukim melakukan tur ke halaman masjid dan berusaha melakukan ritual Talmud,” kata pejabat tersebut kepada Anadolu Agency yang meminta tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara kepada media.

Sebelumnya pada hari Ahad, Departemen Wakaf Islam mengatakan bahwa hampir 860 pemukim menyerbu Masjid Al-Aqsa.

Polisi Israel mulai mengizinkan pemukim memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa pada tahun 2003, meskipun ada kecaman berulang kali dari warga Palestina.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. Orang-orang Yahudi menyebut daerah itu sebagai "Gunung Bait Suci", dan mengklaim bahwa tempat itu adalah situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel tahun 1967. Mereka mencaplok seluruh kota pada tahun 1980, sebuah tindakan yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2293 seconds (0.1#10.140)