Inovasi Samsung Desain Produk Ramah Lingkungan

Selasa, 27 Juni 2017 - 06:06 WIB
Inovasi Samsung Desain Produk Ramah Lingkungan
Inovasi Samsung Desain Produk Ramah Lingkungan
A A A
JAKARTA - Samsung berkomitmen meminimalkan dampak dari produk inovatifnya pada lingkungan, yang meliputi smartphone, TV dan banyak lagi. Sebagai bagian dari komitmen ini, Samsung telah melakukan berbagai teknik dalam proses pengembangan desain yang unik dan ramah lingkungan sebagai bagian dari partisipasi perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Dalam keterangan tertulisnya, Head of Public Relations PT Samsung Electronics Indonesia, Shinta Wardiastuti memaparkan, ada tiga kunci sederhana dari konservasi, yaitu kurangi (reduce), gunakan kembali (reuse), dan daur ulang (recylce). "Samsung menerapkan prinsip-prinsip dasar ini pada desain produknya untuk meminimalkan dampak proses pembuatan produknya pada lingkungan hidup. Samsung memaksimalkan efisiensi sumber daya mulai dari tahap perakitan hingga tahap pembuangan," ujarnya.

Proses tersebut terdiri dari penggunaan ulang beberapa komponen (reuse), mengurangi penggunaan plastik dengan memanfaatkan kemasan dan plastik daur ulang (reduce), serta meningkatkan penggunaan komponen-komponen yang dapat di daur ulang pada produk baru (recycle).

Samsung
Raih Green Stamp Approval

Pada 2005, Samsung menetapkan sebuah proses in-house untuk memastikan produk-produk yang diproduksinya ramah lingkungan mulai dari tahap pengembangan, dan pada tahun 2014, Samsung menerapkan sistem penilaian untuk menilai manfaat ekologis dari setiap produk dan memberikan eco-rating.

Ada tiga peringkat dalam sistem ini – Eco - Product, Good Eco - Product dan Eco - Product Premium – peringkat diberikan dengan mempertimbangkan standar eco – labeling masing - masing negara, serta evaluasi berbagai kriteria, seperti kepatuhan produk terhadap peraturan efisiensi energi, efisiensi sumber daya, termasuk dampak yang ditimbulkan produk terhadap lingkungan.

Pada akhir 2016, sekitar 86% produk yang dikembangkan Samsung telah mencapai peringkat Good Eco - Product atau lebih tinggi. Tahun ini, Samsung berencana merevisi formula evaluasi in house-nya dan memasukkan kriteria eco – labeling dari badan akreditasi eksternal. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa pada 2020, 90% produk yang dikembangkan Samsung mencerminkan standar eco – labeling tertinggi.

Mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK)

Pada 2014, Samsung telah berupaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) baik dalam proses pembuatan maupun tahap penggunaan produk. Pada tahap penggunaan produk, Samsung menargetkan mencapai pengurangan emisi gas rumah kaca hingga sebesar 250 juta ton secara kumulatif pada 2020. Sejauh ini langkah – langkah inovatif yang diambil perusahaan telah berhasil mengurangi sekitar 188 juta ton akumulasi emisi gas rumah kaca dari 2009 sampai 2016.

Di lokasi manufaktur, Samsung bertujuan untuk mengurangi tingkat intensitas GRK hingga 70% (dibandingkan tahun 2008) pada 2020. Perusahaan telah membuat kemajuan yang cukup besar dalam hal ini dengan mengoptimalkan lokasi produksi global dan efisiensi energi fasilitas produksi, dan mengatur emisi yang dihasilkan selama proses produksi, seperti gas rumah kaca terflourinasi.

Lebih Ramah Lingkungan

Selain mengurangi emisi gas rumah kaca, Samsung terus mengeksplorasi cara untuk menghilangkan penggunaan zat berbahaya dalam proses manufaktur. Untuk lingkungan kerja juga produk yang lebih aman, baik untuk manusia maupun bagi lingkungan. Selama beberapa tahun terakhir, Samsung telah mengurangi penggunaan berbagai zat berbahaya yang biasa digunakan dalam manufaktur elektronik. Produk – produk seperti TV dan smartphone Samsung yang terbaru telah bebas dari zat yang populer digunakan namun berpotensi berbahaya seperti PVC, plastik sintetis, penghambat api seperti TBBP - A dan BFR, serta phthalates.

Komitmen tersebut juga terwujud pada inovasi – inovasi produk unggulan Samsung, Samsung QLED TV dibuat sedemikian rupa sehingga bebas dari cadmium, zat yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Sedangkan Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang baru saja dirilis mendapatkan sertifikasi ECOLOGO Gold dari UL Environment, sebuah divisi dari Underwriters Laboratories, perusahaan ilmu keselamatan global, setelah mengevaluasi efisiensi energi perangkat, sistem pengisian daya, penggunaan plastik daur ulang dan plastik berbahan dasar bio, serta kemudahan pembongkaran perangkat. Hingga akhir tahun 2016, 2.054 model inovasi Samsung telah mendapatkan sertifikat eco - label dari pemerintah dan badan akreditasi di seluruh dunia.

Daftar Inovasi Hijau

Perangkat unggulan Samsung hanya melengkapi penambahan terbaru dari daftar penghargaan yang telah dikumpulkan perusahaan atas upaya penghijauannya. Pemerintah dan organisasi lingkungan di seluruh dunia telah memberikan berbagai penghargaan pada Samsung untuk serangkaian produk ramah lingkungan, dan sebagai pengakuan atas sistem pengelolaan sumber daya 'sirkular' yang lengkap.

Tujuan sistem ini bukan sekadar memproduksi perangkat mutakhir dengan cara yang bertanggung jawab, namun untuk memastikan efisiensi ekologis yang sama pada tahap – tahap akhir dari siklus hidup perangkat – yaitu dalam penggunaan sehari – hari dan pembuangan akhirnya. Komitmen Samsung terhadap desain hijau telah membuat perusahaan meminimalkan jejak kaki pada lingkungan melalui beberapa inovasi paling dinamis.

Menghadapi tantangan lingkungan ke depannya dengan tepat mengharuskan produsen untuk secara hati-hati memikirkan bagaimana produk mereka pada akhirnya akan didaur ulang. Kesadaran Samsung akan hal ini juga mengumpulkan penghargaan yang konsisten, termasuk Design for Recycling Award tahun lalu dari Institute of Scrap Recycling Industries (ISRI).

Samsung mendapatkan kehormatan untuk satu merek tunggal yang menunjukkan pertimbangan yang luar biasa untuk produk daur ulang, yaitu Samsung Curved Full HD TV (UN55K6250). TV ini merupakan yang pertama memanfaatkan polyketone, plastik yang terbuat dari konversi karbon monoksida. Desain produk yang ramping juga memungkinkan produk ini didaur ulang dengan mudah.

Penghargaan lain yang diterima Samsung pada 2016 untuk inovasi ramah lingkungan diuraikan dalam bagan di bawah ini.

Samsung
Rangkaian produk ramah lingkungan Samsung saat ini mencakup smartphone, TV, digital appliances dan produk lainnya.

Samsung
Ke depan, Samsung akan terus mengembangkan inovasi ramah lingkungan yang menarik yang menunjukkan manfaat hijau dalam desain produk, dan pada akhirnya akan membantu melestarikan planet kita untuk generasi mendatang.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3431 seconds (0.1#10.140)