Apple Belum Bisa Pastikan Posisi Sensor Sidik Jari di iPhone 8

Kamis, 22 Juni 2017 - 14:01 WIB
Apple Belum Bisa Pastikan Posisi Sensor Sidik Jari di iPhone 8
Apple Belum Bisa Pastikan Posisi Sensor Sidik Jari di iPhone 8
A A A
NEW YORK - Apple dikabarkan akan mengilangkan home button pada iPhone 8 untuk Touch ID (sensor sidik jari) pun kemungkinan akan pindah ke tombol power, namun meskipun demikian Apple masih kebingungan menentukan posisi yang pas untuk Sensor Touch ID di iPhone 8.

Dilansir dari laman GSM Arena, kini Apple mendapatkan paten yang mengisyaratkan kemungkinan lokasi baru untuk sensor sidik jari, memasuki minggu akhir dari bulan Juni, Apple yang diyakini siap mengumumkan iPhone edisi ulang tahun ke-10 yaitu iPhone 8 pada bulan September mendatang kabarnya tengah menghadapi sebuah dilema tentang salah satu fitur utama yang ada di dalamnya yakni penempatan posisi dari sensor sidik jari di iPhone 8

Seorang analis Timothy Arcuri dari Cowen and Company mengklaim kalau Apple masih belum bisa menentukan pilihantersebut. Dirinya menyebutkan bahwa Apple memiliki 3 opsi untuk posisi sensor tersebut, dan ini tidak termasuk penempatan di panel belakang yang saat ini sudah kompak tidak disetujui. Ketiga pilihan tersebut adalah

1. Menipiskan lapisan kaca di bidang yang disiapkan untuk lokasi sensor, 2. menciptakan sebuah lubang baru yang menembus lapisan kaca dan memakai sensor ultrasonik atau optik, serta 3. mencoba sebuah sensor 'film' yang tergabung ke dalam layar, entah itu lewat dukungan teknologi infra merah atau kapasitif.

Arcuri kemudian menjelaskan bahwa tak peduli pilihan manapun yang akhirnya dipakai oleh Apple, iPhone 8 kemungkinan baru siap beredar setelah 1-2 bulan pasca pengumuman. Arcuri meyakini kalau Apple bakal bisa menjual sekitar 46 juta unit iPhone 8 di kuartal bulan September; sedikit di bawah target Wall Street yaitu 47-48 juta unit. Jumlah tersebut diyakini bakal bertambah sampai 90 juta unit pada periode akhir tahun, tepatnya pada musim libur Natal.

Sistem pemindai sidik jari pada tombol power tersebut menjanjikan struktur yang lebih kecil dibanding sebelumnya, yang memungkinkannya dipasang pada tombol bahkan di sisi ponsel dengan bezel ramping.

Tombol power bisa saja diposisikan di atas (tempat asli tombol power iPhone, hingga iPhone 5, dan nampaknya akan menjadi opsi lagi), namun posisi lainnya juga memungkinkan untuk dilakukan. Teknologi tersebut bisa ditutupi dengan kaca pelindung atau bahkan safir.

Paten Apple lainnya menunjukkan sensor biometrik yang bersembunyi di bawah layar sentuh, baik melalui "piksel penginderaan biometrik jari yang transparan" atau sistem pencitraan akustik.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7943 seconds (0.1#10.140)