Ini Bukti Taiwan Memainkan Peran Penting dalam Industri Semikonduktor Dunia

Senin, 03 Agustus 2020 - 18:34 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, Taiwan juga telah memenangkan gelar "Pulau Silikon". Bahkan ada yang percaya bahwa industri semikonduktor Taiwan yang unggul sudah menjadi urat nadi ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan ekonomi perdagangan di mana negara-negara sangat bergantung padanya. Perkembangan stabil masyarakat Taiwan merupakan fokus perhatian besar para pemerintah negara-negara, terutama para perusahaan teknologi global.

Terlebih lagi, pesawat tempur modern AS seperti F-35, atau peralatan satelit yang digunakan dalam program luar angkasa, menggunakan chip buatan TSMC. Ini menunjukkan bahwa pengaruh industri semikonduktor Taiwan mencapai bidang militer dan luar angkasa, serta memiliki pengaruh yang sangat luas.

Dari perspektif konsumen umum, baik Anda menggunakan iPhone atau ponsel Android dari merek lain, komputer notebook, komputer desktop atau iPad, atau bahkan berbagai peralatan pintar, chip yang ada di dalamnya kemungkinan besar dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Taiwan.

Komunikasi 5G yang saat ini paling banyak dibahas, kecerdasan buatan artificial inteligence (AI), mobil self-driving, komputasi penyimpanan awan, dan Internet of Things (IoT) semuanya membutuhkan produk industri semikonduktor untuk dikembangkan. Dari sudut pandang ini, Taiwan memang memainkan peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia, setidaknya telah berhasil memungkinkan kita untuk memesan berbagai layanan Grab atau Gojek melalui ponsel.
(iqb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3247 seconds (0.1#10.140)