Cara Mengembalikan Laptop/PC ke Setelan Pabrik, Mudah Banget!

Rabu, 04 Oktober 2023 - 19:05 WIB
loading...
Cara Mengembalikan Laptop/PC ke Setelan Pabrik, Mudah Banget!
Cara mengembalikan laptop/PC ke setelan pabrik dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara mengembalikan laptop/PC ke setelah pabrik menarik untuk dipahami. Biasanya, pengguna laptop/PC memang mengalami sejumlah kendala setelah beberapa lama waktu pemakaian. Misalnya, laptop jadi lemot, memori penuh, hang, dan kendala lainnya.

Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan karena dapat memperlambat aktivitas atau pekerjaan. Jika Anda sedang mengalami atau pernah merasakan masalah di atas, maka terdapat cara ampuh untuk mengatasi masalah tersebut. Yaitu menggunakan cara reset pabrik atau mengembalikan laptop ke setelan awal.

Mengembalikan laptop/PC ke setelan awal dapat memulihkan sistem Windows ke konfigurasi aslinya dan membantu memperbaiki banyak masalah. Misalnya, menghilangkan virus dan malware yang bersarang di laptop/PC Anda.

Reset Laptop/PC Tanpa Menghilangkan File

Ada dua pilihan sebelum mereset laptop/PC, yaitu:

1. Keep Personal Files: Opsi ini akan mengembalikan Windows dan tetap mempertahankan seluruh file dan dokumen Anda.

2. Remove Everything: Opsi ini akan menghapus seluruh aplikasi, data, dan dokumen Anda pada Windows.

Jika tetap ingin mempertahankan dokumen, pilihlah opsi pertama. Namun, jika ingin benar-benar mengembalikan laptop ke versi awal dengan penyimpanan yang bersih, maka pilih opsi kedua.

Ada baiknya jika anda terlebih dahulu melakukan backup dokumen penting pada laptop/PC anda dengan flashdisk atau ke handphone.

Langkah-Langkah Mereset Laptop/PC ke Setelan Pabrik
Cara Mengembalikan Laptop/PC ke Setelan Pabrik, Mudah Banget!

1. Pergi ke opsi pengaturan pada laptop/PC anda dan pilih menu Update & Security.

2. Setelah itu, pilih menu Recovery yang ada di sebelah kiri layar.

3. Pada menu Recovery, terdapat dua pilihan, yaitu Reset this PC dan Advance startup. Anda cukup pilih Reset this PC dan klik tombol Get started.

4. Setelah itu akan muncul menu pilihan Keep Personal Files dan Remove Everything. Pada posisi ini silahkan anda pilih dan klik salah satunya.

5. Selanjutnya akan muncul pilihan Cloud download dan Local reinstall. Pada pilihan Cloud download anda harus tetap terhubung dan berada dalam lingkungan internet yang tersedia untuk cloud download. Sedangkan pilihan Local reinstall anda tidak perlu menggunakan internet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)