Tri Sukses Kawal Lonjakan Trafik Selama Idul Fitri

Kamis, 29 Juni 2017 - 21:58 WIB
Tri Sukses Kawal Lonjakan Trafik Selama Idul Fitri
Tri Sukses Kawal Lonjakan Trafik Selama Idul Fitri
A A A
JAKARTA - Menghadirkan layanan komunikasi yang nyaman jelang Idul Fitri dan musim liburan merupakan wujud tanggung jawab Tri dalam membantu masyarakat Indonesia menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.

Layanan komunikasi dan akses mobile internet Tri beroperasi dengan normal tanpa kendala berarti selama bulan Ramadan, arus mudik hingga pada perayaan Idul Fitri meskipun terjadi lonjakan trafik di semua layanan.

Seperti tahun tahun sebelumnya, layanan data mendominasi peningkatan trafik di jaringan Tri yaitu hampir 200% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pelanggan Tri aktif menggunakan sosial media, aplikasi instant messaging seperti WhatsApp dan menikmati manfaat telepon tanpa pulsa dan kuota fitur telepon di aplikasi WhatsApp dan Lines untuk menyampaikan ucapan dan salam Idul Fitri.
Selain itu streaming juga menjadi aktivitas utama pelaggan Tri selama musim liburan, mudik dan Idul Fitri tahun ini.

“Ini upaya kami untuk meningkatkan kualitas dan menghadirkan kenyamanan layanan, sehingga kami dapat melakukan pemantauan lebih intensif dalam hal kapabilitas dan kualitas layanan jelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini. Kami bersyukur pelanggan kami tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam menggunkaan layanan kami selama mudik dan merayakan Idul Fitri,” ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer (CTO) Tri Indonesia, Jakarta, Kamis (29/6/2017).

Sesuai dengan profile pelanggan Tri yang 70-80% adalah usia milenial dengan konsumsi layanan data yang tinggi, layanan data mendominasi lonjakan trafik data selama hari besar nasional ini dengan success rate hampir 100%. Peningkatan penggunaan streaming video melalui YouTube meningkat hampir 60% dibandingkan hari biasa. Sementara apliaksi sosial media didomoniasi oleh penggunaan Instagram meningkat hampir 70%.

Penyampaian pesan melalui WhatsApp dan fitur Line Call mendominasi peningkatan trafik di layanan OTT. Penggunaan WhatsApp meningkat lebih dari 80% dan fitur call melalui aplikasi meningkat utamanya didominasi oleh Line Call yang meningkat 60%.

Peningkatan trafik secara umum berlangsung sejak H-14 dan pada periode tersebut terjadi peningkatan yang sangat tinggi. Trafik kembali normal pada H-1. Peningkatan trafik data tertinggi terjadi di Purwokerto, Cirebon dan Balikpapan sejak H-4.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7061 seconds (0.1#10.140)