Keutamaan Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah

Rabu, 04 Oktober 2023 - 11:06 WIB
loading...
Keutamaan Mengucapkan Salam Ketika Masuk Rumah
Ada keutamaan besar ketika mengucapkan salam saat akan masuk ke rumah, salah satunya akan ada keberkahan di dalam rumah tersebut. Foto ilustrasi/ist
A A A
Mengucapkan salam ketika masuk rumah sangat dianjurkan karena banyak keutamaan dan keberkahan. Salam sendiri merupakan kalimat sapaan yang diajarkan oleh Allah SWT.

Kalimat ini membawa keberkahan; sebab mengandung doa keselamatan dari kekurangan, dan doa agar rahmat diturunkan, diawetkan, bahkan dikembangkan. Kemudian kalimat ini juga sangat baik, karena dicintai Allah, serta menumbuhkan kasih sayang antar sesama.

Salam juga merupakan sebab seseorang mendapat jaminan kecukupan rezeki dari Allah dan masuk surga. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

ثَلَاثَةٌ كُلُّهُمْ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ؛ إِنْ ‌عَاشَ ‌رُزِقَ ‌وَكُفِيَ، وَإِنْ مَاتَ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ: مَنْ دَخَلَ بَيْتَهُ فَسَلَّمَ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ، وَمَنْ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ، وَمَنْ خَرَجَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ


“Ada tiga jenis manusia yang mendapat jaminan dari Allah. Jika ia hidup; maka akan dikaruniai rezeki dan kecukupan. Bila ia mati; maka akan dimasukkan oleh Allah ke surga. (1) Siapapun yang masuk rumahnya dan mengucapkan salam, maka ia mendapat jaminan dari Allah. (2) Siapapun yang keluar menuju masjid, maka ia mendapat jaminan dari Allah. (3) Siapapun yang keluar di jalan Allah, maka ia akan mendapat jaminan dari Allah”. (HR. Ibn Hibban dari Abu Umamah Radhiyallahu ‘Anhu dan dinilai sahih oleh al-Albaniy)

Semakin sempurna redaksi salam yang diucapkan; maka akan semakin besar pahala yang didapatkan.

Imran bin Hushain Radhiyallahu ‘Anhu menuturkan: “Pada suatu hari ada seseorang datang menemui Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sembari mengucapkan “Assalamu’alaikum”.

Maka beliau berkomentar, “Ia mendapat sepuluh pahala”. Lalu ada orang lain datang dan mengucapkan, “Assalamu’alaikum warahmatullah”. Beliau berkomentar, “Ia mendapat duapuluh pahala”.

Kemudian datang orang ketiga dan mengucapkan, “Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh”. Maka beliau berkomentar, “Ia mendapat tiga puluh pahala”. (HR. Tirmidziy dan dinilai sahih oleh al-Albaniy)



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)