Tidak Punya Lisensi Resmi, Apple Hapus Puluhan Ribu Game di China

Selasa, 04 Agustus 2020 - 16:02 WIB
loading...
Tidak Punya Lisensi Resmi, Apple Hapus Puluhan Ribu Game di China
Setelah penghapusan, kini ada sekitar 179 ribu game yang ada di App Store China, dan 160 ribu game di antaranya merupakan game gratis. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Apple dilaporkan telah menghapus lebih dari 30 ribu aplikasi di App Store. Penghapusan itu dilakukan di China, dan 90% dari total aplikasi yang dihapus adalah game. Data tersebut diungkap oleh Qimai Research Institute.

Sebenarnya, mengutip dari Bloomberg, tindakan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu sudah dilakukan sejak Juni 2020, dan memuncak sebulan kemudian..( )

Penghapusan dilakukan Apple sebagai upaya memotong praktik pengembangan game ilegal. Banyak game yang masuk ke iPhone, padahal statusnya masih menunggu proses verifikasi pemerintah China.

Di sisi lain, China memang memiliki aturan yang ketat terkait game berbayar maupun fitur yang menawarkan pembelian item dalam game, karena harus ditinjuau dan mendapat lisensi sebelum dirilis.

Setelah penghapusan, kini ada sekitar 179 ribu game yang ada di App Store China, dan 160 ribu game di antaranya merupakan game gratis. Celah kecurangan serupa diketahui hanya ada di iOS dan sudah tidak ditemukan di Android.

Sebelumnya, pihak Apple telah mengeluarkan peringatan keras terhadap para pengembang game, agar memiliki lisensi dari pemerintah China untuk dapat terus beroperasi.

Saat itu, Apple juga menegaskan bahwa setiap game yang tidak memiliki lisensi resmi dari pemerintah China, akan dihapus dari App Store setelah 31 Juli 2020.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)