alexa snippet

Knalpot Mobil Keluarkan Asap, Berindikasi ?

Knalpot Mobil Keluarkan Asap, Berindikasi ?
Kepulan asap dari corong knalpot tentunya menandakan bila kendaraan sedang kurang prima. Warna yang dikeluarkan pun tentu saja berbeda-beda tergantung pada kondisi kendaraan. FOTO/ Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Kepulan asap dari corong knalpot tentunya menandakan bila kendaraan sedang kurang prima. Warna yang dikeluarkan pun tentu saja berbeda-beda tergantung pada kondisi kendaraan.

Dari asap yang dikeluarkan, pemilik sebenarnya dapat menditeksi gejala apa apa yang terjadi pada kendaraan. Lalu apa yang sebenarnya terjadi bila knalpot sudah mengeluarkan asap.

Dilansir dari Autoevolution, bila knalpot mengeluarkan asap berwarna putih, hal ini biasanya menandakan ada air yang mengalir pada sistem knalpot. Ini artinya masalah di paking kepala silinder.

Beda lagi bila asap yang keluar, ini menandakan bila oli pada ruang bakar telah tercampur. Jika asap terlihat saat mobil dipanaskan atau saat digunakan, artinya ring piston Anda mulai bermasalah.

Namun ketika asap yang mengepul berwarna hitam, biasanya terdapat masalah pada pembakaran. Pada mesin bensin biasanya disebabkan oleh campuran bahan bakar yang terlalu banyak, sehingga mesin perlu diatur kembali.

Sedangkan asap berwarna abu menandakan beberapa gejala, seperti rusaknya katup Positive Crankcase Ventilation hingga rusaknya kepala silinder. Demikian beberapa tanda yang dapat di diteksi melalui kepulan asap dari knalpot.
(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top