alexa snippet

Smart Speaker Selamatkan Nyawa Ibu dan Anak

Smart Speaker Selamatkan Nyawa Ibu dan Anak
A+ A-
NEW MEXICO - Smart speaker menyelamatkan nyawa seorang ibu dan anaknya di New Mexico, Amerika Serikat. Dengan cerdas, speaker pintar yang dikolaborasikan dengan virtual assistant guna mengaktifkan smart appliances –seperti lampu dan sistem hiburan– memberikan informasi bahaya ke kantor kepolisian setempat. Seperti diketahui, smart speaker pada sejumlah model bisa mengirimkan teks, bahkan membuat dan menerima telepon.

“Aksi” penyelamatan ini berawal dari Eduardo Barros, sang pelaku, yang sedang duduk di rumahnya di Tijeras bersama pacar dan putri pacarnya. Perselisihan di antara keduanya berujung pada kekerasan fisik. Fatalnya Barros yang membawa senjata api mengancam akan membunuh pacarnya.

Pelaku pun bertanya kepada pacarnya, "Apakah Anda memanggil sheriff?" Rumah yang ditinggali Barros, pacar dan putrinya kebetulan memiliki sistem speaker pintar yang terhubung ke perangkat surround sound.

Alhasil, saat Barros bertanya kepada pacarnya apakah dia memanggil sheriff, maka secara tidak disengaja, dia sendiri yang memanggil aparat penegak hukum. Karena perangkat cerdas mengartikan bahwa pemilik rumah membutuhkan pertolongan polisi.

Polisi berhasil melepaskan pacar dan putrinya dari rumah tersebut. Korban mengalami sejumlah luka yang tak serius. Sebelum berhasil membebaskan ibu dan anaknya tersebut, pelaku sempat menahan mereka hingga akhirnya tim SWAT dan negosiator krisis bertindak.

Setelah menyerah, Baros dikenai tuduhan memiliki senjata api atau alat perusak. Polisi berpikir smart speaker telah menyelamatan nyawa dua orang saat secara otomatis melakukan panggilan darurat ke 911.

"Penggunaan tak terduga teknologi baru ini untuk menghubungi layanan darurat mungkin membantu menyelamatkan nyawa. Teknologi menakjubkan ini dipastikan membantu kami menyelamatkan seorang ibu dan anaknya dari situasi bahaya," ungkap Manuel Gonzales III, Sheriff Bernalillo County, pekan kemarin.

Ada laporan yang menyebutkan smart speaker yang dimaksud adalah Google Home. Namun belum ada informasi valid terkait perangkat yang digunakan.



(mim)
loading gif
Top