Ada 1,6 Miliar Smartphone yang Bakal Terjual di 2017

Selasa, 11 Juli 2017 - 13:01 WIB
Ada 1,6 Miliar Smartphone yang Bakal Terjual di 2017
Ada 1,6 Miliar Smartphone yang Bakal Terjual di 2017
A A A
JAKARTA - Lembaga riset Gartner, memperkirakan pengiriman PC (personal computer) pada tahun ini kembali turun dibandingkan pada 2016. Mereka meramalkan angka penurunannya hanya 3%, atau lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2016 terjadi pelambatan 5,2% sehingga hanya ada pengiriman 64,3 juta PC secara global.

Harga komponen seperti memori DRAM dan hard drive SSD terus meningkat menciptakan pukulan telak bagi pasar PC global. Sedangkan konsumen tetap mengedepankan harga sebelum melakukan pengadaan perangkat.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan pertumbuhan pasar ponsel pintar. “Pengiriman smartphone akan tumbuh 5% di tahun 2017, mencapai hampir 1,6 miliar unit. Pengeluaran pengguna terus bergeser dari perangkat berbiaya rendah menuju smartphone dasar dan premium dengan harga lebih tinggi,” ungkap analis dari lembaga riset Gartner, Ranjit Atwal di laman electronicsweekly, baru-baru ini.

Pasar smartphone sekarang lebih bergantung pada perangkat baru yang menawarkan sesuatu nan berbeda. Karena itu pengguna memperpanjang siklus pembelian dan perlu ada ketertarikan tinggi untuk melakukan penggantian ponsel.

Gartner menyebutkan, pasar smartphone dasar diperkirakan mencatat 686 juta pengiriman pada 2017 atau naik 6,8% dari 2016. Konsumen sendiri telah menerima nilai lebih besar dari kemampuan dasar sebuah smartphone.

Dikatakan Ranjit Atwal, total perangkat ponsel yang beredar saat ini saat ini sekitar 7 miliar unit. Tak heran vendor terus-menerus mencari cara bisa menambahkan kemampuan baru yang dapat memberi produk mereka keunggulan di pasar.

Meski begitu, dia menganalisa, secara keseluruhan pertumbuhan pengiriman pasar perangkat akan stabil untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6553 seconds (0.1#10.140)