Perkuat Riset dan SDM, Kunci Sukses Toyota Kuasai Pasar Automotif Nasional

Kamis, 13 Juli 2017 - 14:54 WIB
Perkuat Riset dan SDM, Kunci Sukses Toyota Kuasai Pasar Automotif Nasional
Perkuat Riset dan SDM, Kunci Sukses Toyota Kuasai Pasar Automotif Nasional
A A A
KARAWANG - Toyota menjadi salah satu merek terkuat yang digemari oleh konsumen Indonesia. Kuncinya adalah riset dan komitmen perusahaan dalam memperkuat sumber daya manusia (SDM).

"Riset menjadi hal penting dalam melepas produk automotif. Karena ini terkait dengan investasi dan ketertarikan konsumen. Kami juga percaya, pembangunan SDM adalah kunci keberhasilan perusahaan. Kebijakannya adalah bangun manusianya dulu, baru produk," ujar Presiden Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono saat berbincang dengan CEO KORAN SINDO dan SINDOnews, Sururi Alfaruq dan jajaran redaksi di Kantor PT TMMIN, Karawang I Plant, di Karawang, Jawa Barat, Kamis (13/7/2017).

Perkuat Riset dan SDM, Kunci Sukses Toyota Kuasai Pasar Automotif Nasional


Terkait riset, Warih Andang Tjahjono mengatakan, pihaknya memiliki divisi tersendiri untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen. "TMMIN punya Engineering Division, begitu juga TAM. Mereka inilah yang turun ke lapangan, ke tengah-tengah masyarakat untuk menggali apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen terhadap sebuah produk automotif," katanya.

Dari mereka, perusahaan baru akan memutuskan akan menyegarkan produk atau menggantinya. Salah satu contoh kesuksesan tim ini bekerja adalah bagaimana varian Kijang yang bisa bertahan hingga enam generasi.

"Ini salah satu bukti hasil kerjanya. Dari riset mereka akan dibuat penyegaran produk dan ini harus didasari riset kuat. Satu bagian kecil perubahan bisa membutuhkan investasi senilai Rp1 miliar," timpal Edward Otto Kanter selaku Plant and PLC Senior Director, Sunter Plant-TMMIN.

Dia pun mengamini penguatan SDM di TMMIN. Alasannya bagus atau tidaknya suatu produk kuncinya ada pada mereka yang bersentuhan langsung dengan produk.

"Kami berupaya agar karyawan kami nyaman. Kami penuhi kebutuhannya agar mereka merasa memiliki perusahaan ini dan akhirnya bekerja penuh dedikasi demi menghasilkan produk yang baik," tutur Edward.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0557 seconds (0.1#10.140)