Pet Lover, Ini Langkah Merawat Hewan Peliharaan agar Selalu Sehat

Senin, 09 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
Pet Lover, Ini Langkah Merawat Hewan Peliharaan agar Selalu Sehat
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Langkah merawat hewan peliharaan ini wajib banget diketahui bagi Anda yang ngaku pet lover! Sebagai pecinta hewan, pastinya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk semua peliharaan yang ada di rumah.

Jika hewan peliharaan selalu dalam keadaan sehat, tentunya mereka akan lebih aktif dan lincah. Sehingga Anda pun bisa mengajaknya bermain bersama kapan pun tanpa khawatir akan tertular penyakit.

Berikut adalah langkah-langkah memelihara hewan peliharaan yang perlu Anda perhatikan.

5 Langkah Merawat Hewan Peliharaan

1. Perhatikan Nafsu Makannya

Hewan peliharaan seperti kucing rentan terkena flu. Gejala umumnya adalah anabul akan kehilangan nafsu makan serta luka di selaput hidung, bibir, dan lidah. Selain itu, mereka juga lebih sering bersin.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan obat flu untuk kucing sebagai bentuk pertolongan pertama. Pastikan Anda memberikan obat sesuai dengan dosis yang tertera. Jika keadaan belum membaik, bawa kucing kesayangan segera ke dokter hewan.

2. Jaga Penampilan Hewan

Selain memerhatikan kesehatannya, Anda juga harus menjaga penampilan hewan kesayangan. Jika Anda memelihara hewan berbulu lebat seperti kucing dan anjing, Anda harus melakukan grooming secara rutin.

Gunakan sisir brush dua sisi dengan kerapatan jari-jari yang berbeda untuk mengetahui bagian mana yang paling nyaman untuk anjing dan kucing Anda. Melakukan grooming secara rutin juga dapat membersihkan kulit hewan dari kotoran atau ketombe.

3. Gunakan Parfum

Bukan cuma manusia yang bisa punya bau badan tak sedap. Kucing dan anjing pun bisa mendapatkan hal yang sama jika tidak dirawat dengan baik. Jika mereka memiliki bau tak sedap, tentunya ini akan mengganggu kenyamanan Anda dan keluarga di rumah.

Solusinya, Anda bisa menggunakan parfum khusus hewan berbulu sehingga aman untuk bulu kucing dan anjing. Anda cukup menyemprotkan parfum sekali sehari pada hewan peliharaan untuk mengusir bau tak sedap.

4. Disinfektan Kandang

Selain merawat hewan peliharaan itu sendiri, tempat tinggalnya pun penting sekali untuk diperhatikan. Pastikan Anda melakukan disinfeksi pada kandang hewan, pasir, tempat bermain, maupun pada tubuh hewan tersebut.

Dengan menyemprotkan disinfektan secara rutin, kuman dan bakteri pun dapat terbunuh sehingga kebersihan hewan selalu terjaga. Pilih cairan yang tidak mengandung alkohol supaya tidak menyebabkan alergi atau iritasi.

5. Mandikan Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan berbulu seperti kucing dan anjing rentan terkena kutu dan ketombe. Untuk itu, Anda perlu memandikan mereka secara rutin supaya terhindar dari serangga yang akan membuat anabul tidak nyaman.

Anda bisa menggunakan shampoo khusus kucing dan anjing untuk mengusir kutu yang membandel. Selain itu, menggunakan shampoo khusus juga dapat merawat dan melembutkan bulu anjing dan kucing agar tampak sehat dan mudah disisir.

Itulah beberapa langkah merawat hewan peliharaan yang bisa Anda lakukan di rumah supaya kebersihan dan kesehatan mereka selalu terjaga. Memang, merawat hewan peliharaan membutuhkan bujet yang tak sedikit.

Makanya, beli semua keperluan untuk hewan peliharaan di AladinMall biar kantong nggak jebol karena lagi ada diskon hingga 50% plus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Makanya, download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play Store supaya nggak ketinggalan promo menarik yang berlangsung setiap harinya!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)