Iruna, Jasa Logistik Digital Pertama di Indonesia

Selasa, 18 Juli 2017 - 22:42 WIB
Iruna, Jasa Logistik Digital Pertama di Indonesia
Iruna, Jasa Logistik Digital Pertama di Indonesia
A A A
JAKARTA - Perkembangan industri jasa logistik di Indonesia semakin dinamis. Merespons tingginya kebutuhan pasar yang serba cepat, informatif dan praktis, saat ini lahir perusahaan jasa logistik berbasis digital, yakni iruna e-Logistics.

Yang membedakan produk jasa ini dengan lainnya adalah pelanggan dapat melihat ringkasan penjualan, status pemesanan, laporan transaksi, dan pengiriman. Bahkan, jumlah stok barang yang masih tersedia juga bisa diketahui lewat aplikasi iruna Power Seller (POWS). Aplikasi tersebut saat ini masih tersedia hanya untuk platform Android. Solusi integrasi data dalam satu sistem digital inilah yang diunggulkan iruna untuk bisa bersaing dalam industri jasa logistik saat ini.

Founder dan CEO iruna e-Logistics, Yan Hendry Jauwena dalam keterangan tertulisnya menyatakan, layanan digital karya anak bangsa tersebut terintegrasi dengan situs dagang milik pelaku usaha dan dilengkapi dengan aplikasi panel mangement inventory ke fulfillment center. “Ini yang diakses secara real time dan online,” kata Yan Hendry, Selasa (18/7/2017).

Dia mengungkapkan, layanan unik yang dimiliki iruna ini belum pernah dilakukan oleh perusahaan logistik lain di Indonesia. Untuk itu, dia optimistis, pelanggan layanan ini akan cepat bertambah karena banyak kemanfaatan yang didapat. Distribusi barang akan semakin efisien dan ujungnya produktivitas meningkat.

Sebagai komitmen meningkatkan perekonomian bangsa, iruna juga mendorong perkembangan kalangan UMKM dan e-commerce. Ini dilakukan karena UMKM kerap terkendala dalam mengatur distribusi, melakukan penyimpanan serta proses pengemasan barang yang layak. Mereka juga kerap kekurangan sumber daya cukup dalam menyediakan foto produk. Para pelaku UMKM pun kini sudah banyak yang mulai memasuki pasar e-commerce. Bersama iruna, tandas Yan Hendry, UMKM dan e-commerce dapat menangani hambatan-hambatan tersebut.

Bagi para pelanggan yang menggunakan full service, iruna menyediakan free pick up di seluruh Indonesia. Fulfillment center Iruna di wilayah Jakarta sudah beroperasi pada awal tahun ini, sementara di Surabaya akan diresmikan pada Aguastus dan Yogyakarta segera menyusul beroperasi. Di wilayah Sumatera akan dibangun di Kota Medan dan Palembang, di Sulawesi akan dibangun di kota Manado dan Makassar. Adapun di Kalimatan akan dibangun satu warehouse di Balikpapan. “Untuk men-support wilayah Indonesia Timur akan berdiri satu warehouse di Ambon,” terang mantan managing director PT Pos Logistics ini.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3871 seconds (0.1#10.140)