alexa snippet

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Sebuah Game

Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Sebuah Game
Dalam membuat game tidak hanya dibutuhkan kecerdasan tetapi juga kesabaran dalam proses produksi, dengan rentang waktu yang dibutuhkan sekitar 3 tahun. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bagi Anda para penggemar game, tahukah berapa lama proses memproduksi sebuah game? Jawabannya tidak semudah menjetikkan jari tangan. Butuh proses dan waktu yang panjang.
 
Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI) Narenda Wicaksono. Dia mengatakan, dalam membuat game tidak hanya dibutuhkan kecerdasan tetapi juga kesabaran dalam proses produksi. Satu game membutuhkan proses sampai 3 tahun, itu belum tentu berhasil atau tidak diterima oleh gamer.

"Jadi, proses membuat game membutuhkan waktu sekitar 3 tahun hingga menjadi sebuah produk," ujarnya, dalam press conference Bekraf Game Prame 2017 di Jakarta, Jumat (21/7/2017).

Dia menuturkan, seorang developer game juga membutuhkan dukungan dana, agar produk mereka bisa dikembangkan. "Untuk membuat game tidak sedikit yang membutuhkan dukungan dana. Meski tidak mudah, tahun ini banyak developer Indonesia yang mendapatkan pendanaan," imbuhnya.

Narenda mengungkapkan, sejatinya banyak pembuat game asal Indonesia yang jenius. Bahkan, mereka dikenal dunia. Namun, masyarakat Indonesia sendiri banyak yang tidak mengetahuinya.

"Mereka banyak berasal dari daerah, ada yang dari Pati, dari Madura. Mereka bolak-balik ke Amerika mengunjungi markas Google, memenuhi undangan perusahaan-perusahaan dari luar," bebernya.

Melalui ajang Bekraf Game Prime (BGP) 2017, Narenda akan memperkenalkan mereka sehingga menjadi inspirasi generasi muda Indonesia. "Bahkan ada di antara mereka gamenya disukai hingga 20-30 juta pengguna. Developer Indonesia juga sekarang sudah ada yang bisa membuat game untuk konsol PS (Play Station), tidak sebatas aplikasi mobile," tandasnya.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top