Gilas Gunung Bromo dengan All New CR-V Turbo

Sabtu, 22 Juli 2017 - 16:03 WIB
Gilas Gunung Bromo dengan All New CR-V Turbo
Gilas Gunung Bromo dengan All New CR-V Turbo
A A A
MALANG - PT Honda Prospect Motor (HPM) sukses meluncurkan All New CR-V Turbo melalui pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Sebagai generasi penerus, CR-V menerima banyak perubahan baik dari segi eksterior maupun interior.

Lalu bagaimana dengan kemampuan yang dimiliki All New CR-V Turbo. Untuk menjajal ketangguhan produk terbarunya, HPM mengajak para awak media untuk menaklukkan rute Malang-Bromo-Surabaya selama dua hari.

Pada hari pertama, rombongan langsung dipersilakan menjajal CR-V Turbo dengan rute Malang-Bromo. Sepanjang perjalanan, generasi teranyar dari CR-V ini dipaksa melewati berbagai medan yang cukup sulit.

Awal perjalanan rombongan harus melewati padatnya arus lalu lintas perkotaan di Malang. Meski memiliki ukuran bodi terbilang besar, nyatanya CR-V masih cukup nyaman untuk menembus padatnya jalanan perkotaan.
Gilas Gunung Bromo dengan All New CR-V Turbo

Namun, ujian sesungguhnya baru terjadi ketika memasuki area kawasan gunung Bromo. Di sini rombongan harus melalui medan yang berliku dan tikungan-tikungan tajam.

Layaknya medan di kawasan pegunungan, mobil harus melalui jalan menanjak yang sangat terjal. Namun menariknya, meski bertransmisi matic tenaga yang dihantarkan terasa begitu responsif. Tidak perlu menunggu lama putaran mesin sudah menendangkan tenaga untuk melibas tanjakan.

Selain itu, sejuknya udara pegunungan tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Adanya fitur panaromic sunroof membuat perjalanan jadi lebih begitu berkesan.

Sepanjang perjalanan menelusuri area pegunungan, rombongan coba membuka sunroof. Hasilnya suasana pegunungan pun semakin terasa, namun hal ini tentunya kurang cocok jika digunakan pada siang hari saat sedang berada di jalanan perkotaan.

Selanjutnya, rombongan coba menjajal lintasan di pasir berbisik gunung Bromo. Meski bukan mobil yang di desain khusus untuk melibas area pegunungan, namun All New CR-V Turbo tetap terasa nyaman.
Gilas Gunung Bromo dengan All New CR-V Turbo

Lintasan berselimut pasir serta tekstur tanah yang bergelombang mampu dilibas dengan cukup apik. Di sini suspensi mobil pun terasa begitu mendukung, suspensi yang tidak keras dan cenderung empuk membuat penumpang masih terasa nyaman.

Melaju ke kota Surabaya, CR-V kembali dijajal untuk melibas jalanan perkotaan. Bebeda dengan perjalanan sebelumnya yang hanya sedikit melewati daerah perkotaan. Kali ini perjalanan yang ditempuh jauh lebih panjang.

Sepanjang perjalanan Malang-Surabaya, mobil terus di eksplor untuk merasakan tenaga yang dimiliki. Tidak cukup dengan mode driver (D), CR-V Turbo kali ini di oper mode sport (S).

Di sini turbo yang dimiliki baru benar-benar bisa dirasakan. Setelah dicoba berulang kali, turbo baru dapat dirasakan ketika rpm mobil menginjak angka 2.500 ke atas.

Tenaga yang dihasilkan pun begitu terasa, seketika mobil dapat menyusul kendaraan yang berada di depan dengan jarak sekitar 200 meter. Meski pedal gas langsung di injak full, mobil tidak terasa lemot. Karena respons yang dihantarkan memang begitu baik.

Sepanjang perjalanan menuju Surabaya, mobil memang dipaksa berada di mode S. Namun sayangnya saat kembali diturunkan ke mode D, begitu terasa perbedaan yang dihantarkan. Mobil jadi terasa lambat merespons setelah terus di pacu menggunakan mode S.

Sepanjang perjalanan test drive, All New CR-V Turo menempuh jarak kurang lebih 390 KM dengan kondisi tengki bahan bakar full. Memasuki kota Surabaya lampu indikator bahan bakar sudah menyala yang berarti bahan bakar harus segera di isi kembali.
Gilas Gunung Bromo dengan All New CR-V Turbo

Hal ini tentu saja tidak bisa menjadi tolak ukur konsumsi bahan bakar kendaraan. Cara mengemudi kendaraan tentu menjadi salah satu faktor berpengaruh terhadap irit atau tidaknya konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan.

Secara keseluruhan, All New CR-V Turbo sangat nyaman digunakan baik melintas lalu lintas perkotaan maupun melibas area pegunungan.

Namun sayangnya posisi bangku pada baris ketiga terasa begitu sempit dan posisi AC yang berada tepat diatas kepala penumpang baris belakang jadi kurang nyamana.

Perubahan revolusioner ditampilkan pada mesin All New Honda CR-V kini menggunakan mesin 1.5 liter Turbo with Earth Dreams Technology. Meskipun dengan kapasitas yang lebih efisien, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 190 PS, 5600 rpm dan torsi 24.8 Nm @ 2000-5000 rpm.

Didukung CVT Earth Dreams Technology, Drive by Wire, serta serangkaian fitur yang mendukung efisiensi bahan bakar seperti ECO AssistTM dan ECON Mode, All New Honda CR-V dapat mencapai performa yang bertenaga. Namun, tetap hemat bahan bakar serta ramah lingkungan dengan standar emisi sesuai EURO 4 compliance dan telah memenuhi uji EURO 2 dari pemerintah Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0209 seconds (0.1#10.140)