Rektor UNJ Paparkan 4 Capaian Kemandirian Universitas Menuju World Class University

Rabu, 11 Oktober 2023 - 18:16 WIB
loading...
Rektor UNJ Paparkan 4 Capaian Kemandirian Universitas Menuju World Class University
Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Komarudin. Foto/UNJ.
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Komarudin menekankan perguruan tinggi negeri (PTN) tidak cukup hanya dengan predikat unggul saja. Melainkan juga berupaya menuju World Class University (WCU).

Rektor menyampaikan hal ini pada Wisuda Semester 118 Tahun Akademik 2022-2023 UNJ yang berlangsung Rabu (11/10/2023) di Bogor, Jawa Barat.

Dalam pidatonya tentang Membangun Kemandirian Menuju WCU, dia mengugah sivitas akademika UNJ bahwa untuk menjadi PTN terbaik tidak dengan predikat unggul semata.

"PTN juga harus membangun kemandirian universitas, terutama dalam upaya UNJ menuju World Class University," katanya, dalam keterangan resmi, Rabu (11/10/2023).

Baca juga: 3 Kampus Tertua di Israel, Nomor Terakhir Didirikan Tokoh Terkenal

Prof Komarudin menambahkan, pada kepemimpinannya di periode pertama sebagai rektor (2019-2023), kemandirian universitas telah menghasilkan empat pencapaian.

Pertama, otonomi universitas melalui status PTN-BH yang dalam waktu dekat status tersebut akan keluar dan langkah-langkah persiapan, saat transisi, hingga membangun kemandirian universitas telah disusun dengan seksama dan komprehensif.

Kedua, sebanyak 9 jenis prestasi dan reputasi akademik dalam kurun waktu 2019-2023 capaian UNJ mengalami lompatan penting.

Ketiga, pencapaian tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance); dan Keempat, pengembangan aset dan kelayakan finansial.

“Kunci kesuksesan bukan semata-mata ditentukan oleh kemampuan akademis, tetapi juga ditentukan oleh kedewasaan, kepemimpinan, dan moralitas diri sebagai seorang sarjana," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)