Small MPV Mitsubishi Diadu dengan 4 Mobil Pesaingnya

Senin, 24 Juli 2017 - 19:13 WIB
Small MPV Mitsubishi Diadu dengan 4 Mobil Pesaingnya
Small MPV Mitsubishi Diadu dengan 4 Mobil Pesaingnya
A A A
JAKARTA - PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia (MMKSI) telah memperkenalan produk mobil small MPV anyar mereka. Namun kehadiran Small MPV Mitsubshi jika dibandingkan dengan 4 varian yang bercokol lebih dahulu di Indonesia, Small MPV Mitsubshi ada plus-minusnya.

Model MPV ini diproduksi pabrik perakitan baru Mitsubishi Motors yang terletak di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, dan akan diluncurkan pasar Indonesia pada semester kedua 2017 di GIIAS, pada Agustus medatang. Nama produk ini juga akan diumumkan pada pameran tersebut.

Small MPV Mitsubishi Diadu dengan 4 Mobil Pesaingnya


Sebagai gambaran desain khas MPV dan SUV Mitsubishi menonjolkan kesan khas Mitsubishi pada pandangan pertama. Kendaraan berkapasitas tujuh penumpang ini menggabungkan performa jalan dan dinamika pengendaraan sekaligus menjaga efisiensi bahan bakar.

Calon pesaing Toyota Avanza ini memiliki dimesin PxLxT (4.475mm, 1.750mm, 1.700mm) dengan ground clearance tinggi 205mm. Sementara punya pesaingnya yaitu Toyota Avanza adalah PxLxT (4.190mm, 1.660mm, 1.695 mm) dan ground clearance 200mm dari permukaan.

Jika dibandingkan antara keduanya jelas small MPV Mitsubishi lebih lega, luas dan tinggi. Tak berhenti sampai di situ, kapasitas 7-seaters juga telah didesain agar membuat nyaman untuk penghuni kabin

Namun Small-MPV Mitsubishi jika dibandingkan dengan empat pesaingnya yakni Totota Avanza, NissanGrand Livina, Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio, tentunya punya plus-minus sendiri walau secara resmi MMKSI belum membeberkan secara rinci soal detail fitur Small-MPV Mitsubishi ini, dan perbandingan ini tentunya hanya gambaran kecil, dan Anda sendiri yang menilainya.

Toyota Avanza

Mobil Toyota Avanza tak pernah absen dari puncak segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) murah sejak diluncurkan 2003 silam.

Avanza lahir melalui perjalanan panjang. Berawal dari krisis moneter pada 1998 yang melanda Tanah Air, harga kendaraan melambung ke level tertingi dalam sejarah automotif di Indonesia.

Saat itu, Toyota Kijang yang merupakan kendaraan favorit keluarga dengan harga terjangkau terpaksa mengalami kenaikan. Padahal, Kijang adalah mobil yang cocok dengan masyarakat Indonesia.

Small MPV Mitsubishi Diadu dengan 4 Mobil Pesaingnya


Hal ini yang membuat Toyota berusaha merumuskan mobil baru di segmen mobil keluarga. Pengalaman membesarkan nama Kijang sejak era 1970-an adalah bekal berharga untuk menciptakan kembali mobil keluarga Indonesia.

Toyota Avanza adalah produk costumer oriented yang dikembangkan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam negeri. Serangkaian survei dilakukan untuk memastikan seperti apa sebetulnya kebutuhan masyarakat Indonesia. Untuk memastikan hal itu, Toyota turun ke lapangan hingga pelosok daerah.

Avanza seri E Avanza E 1.3 adalah seri Avanza yang paling bawah. Ada beberapa fitur yang tidak ditambahkan seperti halnya pada avanza type G 1300 yaitu, tidak dilengkapi dengan lampu sein dibagian bawah spion, tidak dilengkapi lis chrome pada lampu kabut, tidak dilengkapi tape/cd untuk seri lawas, serta dibagian belakang type E tidak dilengkapi dengan spoiler.

Sedangkan untuk velg, Avanza type E hanya dibekali velg standard 14. perbedaan avanza seri E,G,S,Dan Veloz Avanza type G Untuk avanza seri G 1.3 sudah ditambahkan head unit atau perangkat pemutar audio.

Pada kaki-kaki, seri G 1.3 dibekali dengan velg alloy 14 inch, dan ditambahkan lis chrome pada lampu kabut. Kebalikan dari seri E 1.3, pada bagian belakang seri G 1.3 ditambahkan spoiler sehingga menampilkan kesan sporty. Lihat Juga : Penyebab mobil diesel keluar asap hitam tebal dan getaran keras Mesin avanza seri G dan seri E Untuk dapur pacu, kedua type avanza E dan G ini menggunakan mesin yang sama yaitu 4 silinder 16 valve DOHC VVT-i 1300 cc.

VVT-i adalah teknologi injeksi bahan bakar Toyota terbaru, yang sudah digunakan pada mesin avanza sejak tahun 2007. Khusus untuk toyota avanza type G, sejak keluaran tahun 2014 ada versi yang berbeda lagi yaitu type G 1.5 Luxury(varian mewah seri avanza) dimana yang menggunakan mesin yang lebih besar yang berkapasitas 1500 cc.

Nissan Grand Livina

Nissan memasuki pasar mobil MPV dengan Livina pada tahun 2007 lalu. Dari data PT Nissan Motor Indonesia, sudah ada 208.000 unit mobil Grand Livina di seluruh Indonesia.

Tapi yang menarik, sejak 2007 lalu, dari sisi desain, Nissan tidak terlalu banyak melakukan perubahan pada Livina. Orang masih mengenang Livina dengan bodinya.

Meski begitu, baik dari sisi fitur, mesin, transmisi, sepanjang hampir 10 tahun sejarahnya di Indonesia, Livina sudah banyak berubah.

Beberapa fitur baru seperti audio visual monitor dengan touchscreen display, bluetooth dan smartphone connectivity (berlaku di semua varian). Fitur-fitur keamanan diaplikasikan secara optimal untuk berkendara dengan lebih aman dengan dual SRS airbag, good sound absorption, side impact bar, dan mulai dari tipe XV sudah dilengkapi dengan ABS, EBD, BA.

Small MPV Mitsubishi Diadu dengan 4 Mobil Pesaingnya


Kabin didesain senyaman mungkin bagi pengguna dengan penggunaan material yang berkualitas baik, fitur Flat Seat Arrangement untuk memberi kenyamanan bagi penumpang maupun kebutuhan akomodasi barang.

Dengan menggunakan teknologi inovatif XTRONIC CVT (Continuously Variable Transmission) pada Auto-transmission menawarkan sensasi akselerasi lebih halus dan nyaman, tanpa hentakan saat perpindahan gigi. Desain mesin HR15DE 1,500 cc dual injector dan Twin VTC (Intake dan Exhaust) menghasilkan perpaduan yang optimal antara performa mesin dengan efisiensi bahan bakar.

New Grand Livina diluncurkan dengan kisaran harga Rp. 202,500,000 – Rp. 257,800,000 (on the road Jabodetabek) di 120 outlet Nissan di seluruh Indonesia.

Suzuki Ertiga


Awalnya, Ertiga ini hadir sebagai mobil konsep yang bernama RIII di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dan tampil perdana secara global di ajang Auto Expo 2012, New Delhi, pada Januari lalu. Setelah resmi mengaspal di India, kini Suzuki Ertiga resmi menyapa aspal Tanah Air oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Nama Ertiga ini sendiri berasal dari bahasa Indonesia, yakni gabungan kata Er (dari huruf R) yang berarti Row (baris) dan tiga dari angka 3. Jadi Ertiga berarti mobil yang memiliki tiga baris pada interiornya dengan kapasitas tujuh orang penumpang.

Small MPV Mitsubishi Diadu dengan 4 Mobil Pesaingnya


Ertiga ditawarkan dalam pilihan mesin bensin serta diesel dengan beberapa variant diantaranya LXI, VXI, ZXI, LDI, VDI dan ZDI. Maruti menyebut flagship anyarnya ini sebagai kendaraan bergenre LUV atau Life Utility Vehicle pertama di dunia.
Sedangkan di tanah air, mobil ini pertama kali ditawarkan dalam 3 buah type yaitu GA, GL dan GX semuanya dalam versi transmisi manual. Namun dalam perjalanannya, SIS kemudian menghadirkan beberapa model terbaru.

Honda Mobilio

Pada tahun 2014 PT Honda Prospect Motor melahirkan mobil cantik yang diberi nama Honda Mobilio memang ditunggu-tunggu pasar Indonesia. Mobil yang kini telah menjadi Multi-Purpose Vehicle (MPV) itu pertama kali muncul di Indonesia International Motor Show September 2013.

Sementara New Honda Mobilio pertama kali diperkenalkan ke publik Tanah Air pada 12 Januari 2017 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Model terbaru Honda ini tampil dengan perubahan besar pada eksterior, interior dan fitur yang semakin lengkap.

Small MPV Mitsubishi Diadu dengan 4 Mobil Pesaingnya


Perubahan besar ini merupakan yang pertama kalinya bagi Honda Mobilio sejak diluncurkan pada tahun 2014 dan Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkannya.

Selain New Honda Mobilio, penjualan Honda di bulan Januari 2017 didukung oleh model unggulan lainnya seperti Honda HR-V 1.5L yang membukukan penjualan sebesar 4.285 unit, meningkat 40% dari bulan sebelumnya sebesar 3.070 unit.

Varian lain Honda HR-V yaitu varian 1.8L membukukan penjualan sebesar 717 unit. Selain itu New Honda Brio Satya telah membukukan penjualan sebesar 2.632 unit. Tidak hanya itu, varian lain New Honda Brio yaitu tipe RS membukukan penjualan sebesar 705 unit.

Masih di bulan yang sama, dari segmen LSUV, Honda BR-V telah membukukan penjualan sebesar 2.528 unit. All New Honda Jazz membukukan penjualan sebesar 1.884 unit, meningkat 143% dari bulan sebelumnya sebesar 773 unit. Honda CR-V membukukan penjualan sebesar 543 unit, meningkat 106% dari bulan sebelumnya sebesar 263 unit.

Selanjutnya All New Honda Civic mengawali bulan pertama di tahun 2017 dengan penjualan sebesar 237 unit, meningkat 32% dari bulan sebelumnya sebesar 180 unit. Secara total Honda telah mencatat penjualan total di bulan Januari 2017 sebesar 16.896 unit, meningkat 21% dari bulan Desember 2016 yaitu sebesar 13.926 unit .
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8892 seconds (0.1#10.140)