Studi Independen Bersertifikat, Ratusan Mahasiswa Tingkatkan Kompetensi Digital

Kamis, 12 Oktober 2023 - 15:50 WIB
loading...
Studi Independen Bersertifikat, Ratusan Mahasiswa Tingkatkan Kompetensi Digital
ProgramSkilvul #Tech4Impact di bawah naungan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka Cycle 4 tuntas dilaksanakan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Skilvul bekerja sama dengan Kemendikbudristek mengumumkan tuntasnya program Skilvul #Tech4Impact di bawah naungan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka Cycle 4. Program ini mencakup empat jalur pembelajaran utama: Front-End Web Development, Back-End Web Development, Game Development, dan 3D Animation Development.

Sebanyak 3.383 pendaftar dari berbagai universitas di seluruh Indonesia berpartisipasi. Melalui proses seleksi yang ketat, 342 mahasiswa yang memiliki beragam latar belakang, baik IT maupun non-IT, terpilih untuk mengikuti program ini yang berjalan selama lima bulan.

William Hendradjaja selaku Co-Founder & Chief of Business Skilvul menjelaskan, esensi di balik program ini adalah mempersiapkan para generasi muda Indonesia untuk bisa mendalami bagaimana cara menjadi problem solver, menyelesaikan isu yang kompleks dengan pendekatan yang terstruktur, sehingga akhirnya bisa menyampaikan ide solusinya.

Baca juga: Cegah Bullying di Dunia Maya, Para Pelajar Perlu Terapkan Keamanan Digital

"Kami juga menyediakan wadah mereka dapat saling berkolaborasi dan meningkatkan kreativitas. Kami pastikan bahwa melalui program ini, para peserta tidak hanya mendapatkan hard skill tapi juga esensi dari skill digital ini, yaitu menjadi problem solver,” ujarnya.

Puncak dari program ini adalah Demo Day Skilvul #Tech4Impact, yang diselenggarakan dalam dua hari yang berbeda. Demo Day Game & 3D Animation Development berlangsung pada 26 Juni 2023, sementara Demo Day Front-End & Back-End Web Development dilaksanakan pada 27 Juni 2023. Tim terpilih mempresentasikan ide-ide solusi mereka secara langsung dan dinilai oleh sejumlah juri yang berasal dari lembaga pemerintah dan sektor industri.

Baca juga: Kemenag Buka Pendaftaran Bantuan Penyelesaian Pendidikan S2 dan S3, Ini Syaratnya

Sakti Harahap salah satu peserta Trek Game Development mengungkapkan, ini adalah program yang berkualitas yang melatih hard skill dan soft skill. Mulai dari tugas, hingga materi live session, semua benar-benar terancang rapi.

Selain memberikan pembelajaran kepada mahasiswa yang berhasil diterima dalam program ini, Skilvul juga memberikan Pelatihan Design Thinking bagi para dosen pembimbing dari mahasiswa yang telah terpilih.

Sebanyak 52 dosen mengikuti pelatihan ini sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Skilvul #Tech4Impact. Dari program ini telah dihasilkan 70 ide solusi inovatif dari 337 peserta.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2382 seconds (0.1#10.140)