Mahasiswa Yogyakarta Ditantang Berkreasi

Kamis, 27 Juli 2017 - 15:02 WIB
Mahasiswa Yogyakarta Ditantang Berkreasi
Mahasiswa Yogyakarta Ditantang Berkreasi
A A A
SAMSUNG - Untuk ketiga kalinya, Samsung Hackaton menggelar kegiatan di Yogyakarta. Lomba membuat aplikasi ini bekerjasama dengan dengan beberapa perusahaan seperti Sinar Mas Land, BRI, Angkasa Pura, dan IBM.

Pada Hackaton kali ini, Sinar Mas Land memberikan tantangan kepada para peserta dalam bidang transportasi, marketing dan komunitas. Peserta yang mayoritas mahasiswa ini ditantang membuat aplikasi apa saja terkait tiga hal di atas untuk dilombakan. Keterlibatan Sinar Mas Landa dalam event ini membuktikan keseriusannya menjadikan BSD City sebagai Smart Digital City. Apalagi dengan ditunjang adanya Digital Hub, yaitu kawasan yang akan didedikasikan sebagai “Silicon Valleynya Indonesia”.

“Digital Hub merupakan inovasi Sinar Mas Land untuk mewujudkan transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city . Ini menjawab kebutuhan masyarakat di era informasi teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur jaringan telekomunikasi yang andal, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi akses,” terang Project Promotion Manager Sinar Mas Land, Ratna Paraswati, saat mempresentasikan BSD Smart Digital City dalam rangkaian acara Indonesia Next Apps 4.0 di Sahid Rich Hotel Yogyakarta Kamis (27/7).

Saat ini pembangunan kawasan digital hub seluas 25,86 hektare sudah dimulai. Lokasi tepatnya berada di kawasan selatan Green Office Park, BSD City. “Kehadiran Digital Hub kami harapkan bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri berbasis IT dan teknologi digital, apalagi pemerintah Indonesia juga sedang fokus mendorong pertumbuhan industri tersebut,” tambah Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap.

Nantinya kawasan Digital Hub ini akan dilengkapi berbagai fasilitas. Untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi digital mulai dari perusahaan startup, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science dan industri kreatif seperti animasi film dan games.

Dalam membangun kawasan tersebut, Sinar Mas Land menggandeng NBBJ, sebuah konsultan arsitektur terkemuka dunia yang kerap mendesain sejumlah kantor perusahaan berbasis teknologi di dunia, seperti Microsoft, Amazon dan kantor pusat Samsung di Silicon Valley - San Jose California, Amerika Serikat. “Digital Hub ini nanti akan dilengkapi dengan jaringan fiber optic hasil kerja sama dengan Huawei. Lokasi dan akses transportasinya juga sangat strategis karena dekat bandara Soekarno Hatta dan ada dua akses tol ke kawasan BSD City,” tambah Irawan.

Sementara itu Hamdan, mahasiswa UIN yang hadir di acara Nekt Apps 4.0 kemarin mengaku tertarik dengan lomba ini. Meski bukan kuliah di jurusan IT, namun dirinya sering mengikuti lomba-lomba seperti ini. “Belum pernah juara, tapi saya memang pengemar IT, sering juga ikut lomba-lomba seperti ini,” jelasnya. Dalam lomba pembuatan aplikasi ini total hadiah yang diperbeutkan senilai Rp600 juta. Dalam lomba tahun-tahun sebelumnya mahasiswa asal Yogyakarta banyak yang mendominasi sebagai pemenang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9290 seconds (0.1#10.140)