Jelang MotoGP Mandalika, Para Riders Bersih-bersih Pantai

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 19:13 WIB
loading...
Jelang MotoGP Mandalika, Para Riders Bersih-bersih Pantai
Sejumlah pembalap mengunjungi Pantai Kuta Mandalika untuk melakukan kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang / Foto: ITDC
A A A
Menjelang perhelatan seri 16 MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika pada 13-15 Oktober 2023, sejumlah riders mengunjungi Pantai Kuta Mandalika untuk melakukan kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang. Mereka adalah Takaaki Nakagami, Fabio Di Giannantonio, Somkiat Chantra, Ai Ogura dan Ayumu Sasaki.

Mereka bergabung dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan penanaman terumbu karang yang merupakan bagian dari upaya untuk menunjukkan kepedulian tinggi terhadap lingkungan sekitar itu. Para riders juga mendapatkan panduan khusus sebelum melakukan penanaman terumbu karang, yang dilakukan di dasar laut dengan kedalaman hingga 10 meter.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama penyelenggara, MGPA dan Dyandra&Co., memegang peran dalam menggerakkan aksi sosial bersama para riders MotoGP. ITDC memastikan bahwa aksi sosial ini terintegrasi dengan baik dalam ekosistem Sirkuit Mandalika dan berdampak positif pada lingkungan sekitar.



ITDC juga berperan dalam memastikan buat ini selaras dengan visi pengembangan pariwisata dan keberlanjutan jangka panjang, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh komunitas lokal dan industri pariwisata secara keseluruhan. "ITDC sebagai pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Mandalika berkomitmen untuk menjalankan inisiatif konservasi lingkungan, salah satunya dengan penanaman terumbu karang atau coral planting," ujar Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti dalam keterangan tertulis Kamis (12/10/2023).

Sedangkan Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengungkapkan, kegiatan teresebut menjadi pernyataan penyelenggar dan para riders bahwa semangat untuk menjaga lingkungan sekitar harus tetap dijaga. "Ini juga jadi bagian dari tanggung kami kepada masyarakat sekitar yang terus mendukung kelancaran ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika," ujarnya.

Ajang MotoGP Mandalika dimulai pada 13 Oktober 2023. Diawali dengan sesi latihan 1 untuk kelas Moto3 mulai pukul 09.00 WITA dilanjutkan oleh sesi latihan pertama untuk kelas Moto2. Sementara itu, para pembalap di kelas MotoGP dijadwalkan memulai latihan bebas (FP1) pukul 10:45 WITA yang dilanjutkan oleh FP1 Idemitsu Asia Talent Cup.


Selanjutnya, para riders Moto3 dan Moto2 akan kembali turun melakukan sesi latihan kedua diikuti oleh sesi latihan untuk kelas MotoGP. Hari pertama tersebut akan diakhiri oleh FP2 yang dijadwalkan selesai jelang pukul 17.00 WITA.

Untuk hari kedua, 14 Oktober 2023, para pembalap kelas Moto3 akan memulai sesi latihan ketiga sejak pukul 08:40 WITA, dilanjutkan oleh latihan ketiga untuk kelas Moto2. Riders kelas MotoGP kemudian akan mulai melakukan FP2, kualifikasi 1, dan kualifikasi 2.

Kemudian akan diadakan kualifikasi Idemitsu Asia Talent Cup, disusul oleh kualifikasi 1 dan 2 untuk kelas Moto3 dan Moto2. Pada sore hari, Idemitsu Asia Talent Cup akan memulai sesi race 1. Pada 15 Oktober 2023, kegiatan akan dimulai dengan race 2 Idemitsu Asia Talent Cup mulai pukul 09:45 WITA, disusul pemanasan dan sesi Rider Fan Parade oleh para pembalap kelas MotoGP. Sesi race Moto3 akan dimulai pukul 12.00 WITA, disusul oleh sesi race Moto2 pada pukul 13.15 WITA. Adapun race untuk kelas MotoGP akan dimulai pukul 15.00 WITA.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6538 seconds (0.1#10.140)