5 Karya Arsitektur Ridwan Kamil, Salah Satunya Bangunan Ikonis di Singapura

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 23:14 WIB
loading...
5 Karya Arsitektur Ridwan Kamil, Salah Satunya Bangunan Ikonis di Singapura
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dikenal tak hanya sebagai politikus, tapi juga terkenal sebagai arsitek rancangan desain, arsitektur yang luar biasa. Foto/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
JAKARTA - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikenal tidak hanya sebagai politikus, tetapi juga terkenal sebagai arsitek dengan rancangan desain arsitektur yang luar biasa. Karya dari pria yang akrab disapa Kang Emil itu bahkan tersebar hingga ke pelosok Tanah Air dan mancanegara, seperti Singapura.

Ridwan Kamil saat ini namanya menjadi kandidat bakal calon wakil presiden atau bacawapres untuk Pilpres 2024. Said Abdullah sebagai Ketua DPP PDIP menyebutkan, jika nama Kang Emil masuk dalam kandidat pendamping Calon Presiden Ganjar Pranowo.

Selain menjadi seorang politikus, Ridwan Kamil diketahui merupakan lulusan Teknik Arsitek Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia lulus pada 1995 dan memilih merantau bekerja di Amerika Serikat.



Ridwan Kamil tercatat pernah merancang berbagai bangunan ikonis, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Bahkan, ada yang menjadi bangunan ikonis di satu negara tersebut. Berikut merupakan beberapa karya arsitektul yang pernah dibuat Ridwan Kamil.

1. Museum Tsunami Aceh


Museum Tsunami Aceh dibangun sebagai monumen peringatan akan musibah tsunami Aceh pada tahun 2004. Museum ini dibangun di atas tanah seluas 10.000meter persegi.

Desain museum ini juga terinspirasi dari Rumoh Aceh, rumah adat masyarakat Aceh. Desain museum karya Ridwan Kamil ini juga berhasil memenangkan sayembara desain Museum Tsunami Aceh tahun 2007, unggul dari 68 desain lainnya.

Bangunan ini memiliki luas 2.500 meter persegi dan memiliki 4 lantai. Museum ini dihiasi dengan pahatan geometris yang luar biasa pada dinding melengkung.

2. Marina Bay, Singapura


Pernah dengar Marina Bay di Singapura? Bangunan paling ikonik di Singapura itu turut melibatkan Ridwan kamil dalam perancangan bangunan tersebut.

Marina Bay Waterfront Masterplan memiliki desain arsitektur yang sangat unik. Gedung ini terdiri dari tiga menara yang tingginya mencapai 55 meter. Pada puncak gedungnya, bangunan ini berbentuk seperti kapal pesiar.

3. Monumen Covid-19, Bandung


Ridwan Kamil membuat sebuah monumen perjuangan Covid-19 di area Lapangan Gasibu, Bandung. Monumen ini dipersembahkan untuk para pejuang garda terdepan yang meninggal akibat Covid-19 yang telah memakan banyak korban jiwa, seperti tenaga kesehatan, dokter hingga peneliti Sinovac yang meninggal di Bandung, Novilia Sjafri.

Monumen ini mengandung pesan agar masyarakat tidak melupakan sejarah khususnya kejadian pandemi Covid-19 di Indonesia. Pada tugu tersebut terdapat 281 ukiran yang terukir nama tenaga medis, pejabat negara, dan relawan yang gugur dalam tugas melawan Covid-19 khususnya di Jawa Barat.

4. Masjid Akbar Seribu Bulan Banyumas


Masjid Akbar Banyumas merupakan masjid hasil desain gratis yang dirancang oleh Ridwan Kamil. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kabupaten Banyumas dan dirancang oleh mantan Gubernur Jawa Barat itu. Desainnya menyerupai bulan sabit dalam jumlah besar.

Pembangunan masjid itu direspons oleh Calon Presiden Ganjar Pranowo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Ia pernaah melakukan video call dengan Emil mengenai pembangunan Masjid tersebut.

Keduanya berkomunikasi secara virtual terkait pembangunan masjid raya tersebut yang nantinya bakal didesain Ridwan Kamil atas permintaan Bupati Banyumas Achmad Husein.

5. Masjid Al-Jabar


Masjid Al Jabbar merupakan salah satu karya terbaru dari Ridwan Kamil yang saat ini sedang digemari dan populer di masyarakat. Masjid ini terletak di Gedebage, Kota Bandung dan mempunyai luas 99x99 meter persegi yang disesuaikan dengan jumlah dari Asmaul Husna. Terdiri dari tiga lantai, masjid ini mampu menampung kurang lebih 50.000 jemaah.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)