5 Fakta Kota Mulia, Daerah Terdingin Nomor 1 di Indonesia

Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:37 WIB
loading...
5 Fakta Kota Mulia, Daerah Terdingin Nomor 1 di Indonesia
Kota Mulia di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua merupakan kota terdingin nomor satu di Indonesia. Foto/Facebook Puncak Jaya, Mulia, Papua
A A A
JAKARTA - Nama Kota Mulia mungkin masih asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Padahal, kota yang satu ini mempunyai sisi keunikan tersendiri dibandingkan dengan kota lainnya.

Kota Mulia merupakan sebuah nama kota yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua . Kota ini dijuluki sebagai kota terdingin nomor satu yang ada di Indonesia.

Salah penyebab Kota Mulia menjadi dingin karena berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl). Untuk mengetahui lebih banyak tentang Kota Mulia, simak terus beberapa fakta menarik berikut ini.

Fakta Kota Mulia di Provinsi Papua


1. Kota Terdingin Nomor 1 di Indonesia


Berada di ketinggian 2.448 mdpl, kota ini dikelilingi oleh pegunungan Jaya Wijaya atau Puncak Jaya yang merupakan gunung tertinggi di Indonesia yang mencapai 4.884 mdpl.



Suhu udara di Kota Mulia sangat dingin dan bisa mencapai titik beku. Jika siang hari, suhu di Kota Mulia berada di titik dingin mencapai 15 derajat celsius.

Sedangkan pada malam hari, suhu di Kota Mulia mencapai sembilan derajat celsius. Selain itu, disertai pula dengan curah hujan di Kota Mulia hampir terjadi sepanjang tahun.

2. Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya


Kota Mulia merupakan ibu kota dari Kabupaten Puncak Jaya. Kota ini memiliki kekayaan dan alam yang luar biasa dan masih terjaga keasriannya hingga sekarang ini.



Sebagai salah satu kota yang berada di pegunungan, Kota Mulia memiliki penduduk yang terbilang cukup banyak, yakni sebanyak 35.884 jiwa. Berdasarkan data Dukcapil 2021, sebanyak 95,19 persen penduduknya beragama Kristen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)