alexa snippet

Toyota Fortuner Bidik Market Share 55% Di Jatim

Toyota Fortuner Bidik Market Share 55% Di Jatim
Auto 2000, diler Toyota area Jawa Timur (Jatim) hingga akhir tahun ini memproyeksikan penguasaan pasar segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Jatim mencapai 55%. FOTO/ SINDOnews
A+ A-
SURAKARTA - Auto 2000, diler Toyota area Jawa Timur (Jatim) hingga akhir tahun ini memproyeksikan penguasaan pasar segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Jatim mencapai 55%. Saat ini, penguasaan pasar Toyota disegmen tersebut masih diangka 43,7%.

Operation Manager Auto2000, diler Toyota Jatim, Hendra Purnawan mengatakan, peningkatan target pengusaan pasar (market share) tersebut menyusul hadirnya varian terbaru SUV andalan Toyota, yakni New Fortuner TRD Sportivo. Ini merupakan seri tertinggi dari keluarga Fortuner yang banderol mulai dari Rp538 juta. “Tahun lalu memang pasar SUV sedang menurun. Tapi dengan adanya varian baru ini (New Fortuner TRD), kami optimistis pangsa pasar akan naik,” katanya disela peluncuran Toyota Fortuner TRD di salah satu rumah makan di Surabaya, Jum’at (11/8/2017).

Hendra mengungkapkan, total market SUV di Jatim selama tahun lalu sebanyak 6.848 unit. Dari jumlah itu, Toyota Fortuner terjual sebanyak 2.733 unit. Dengan jumlah penjualan itu, Toyota Fortuner menguasai pasar sebanyak 39,9%. Hingga Juni 2017, total market SUV sebanyak 3.011 unit. Fortuner meraih penjualan sebanyak 1.317 unit dengan pangsa pasar 43,7%. “Tahun lalu, jumlah SUV yang terjual tiap bulan di Jatim sebanyak 751 unit. Saat ini turun menjadi rata-rata 504 unit sebulan,” ujarnya.

TRD Sportivo ini hadir dalam dua tipe, yakni 2.4 VRZ 4x2 dan 2.7 SRS 4x2. Fortuner TRD Sportivo tak mendapat penambahan fitur keselamatan aktif dan hanya meningkatkan sistem pengereman di roda belakang yang sebelumnya tromol menjadi cakram. Kendaraan untuk medan berat ini mengalami perubahan yang cukup signifikan pada corak body untuk menguatkan kesan sporty dan ubahan di buritan. “Munculnya TRD Sportivo ini hasil dari permintaan konsumen. Mereka butuh yang lebih macho dari Fortuner yang ada sebelumnya,” imbuh Area General Manager 5 Toyota Astra Motor (TAM), Dharmawan Halim.

Sementara itu, secara umum Auto2000 hingga akhir tahun ini memproyeksikan angka penjualan untuk semua tipe sebanyak 37.000 unit. Per semester I/2017 sudah terjual sebanyak 17.000 unit. Untuk Fortuner, kontribusi terhadap total penjualan di Auto2000 kurang signifikan, hanya sekitar 5%. Sedangkan yang berkontribusi paling besar adalah tipe Avanza dan Calya.



(wbs)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top