Bimasakti Wakili Indonesia di Student Formula SAE 2017

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 13:56 WIB
Bimasakti Wakili Indonesia di Student Formula SAE 2017
Bimasakti Wakili Indonesia di Student Formula SAE 2017
A A A
YOGYAKARTA - Bimasakti kembali tahun ini dengan logo, nama, dan dukungan baru. Student Formula team pertama di Indonesia ini siap membawa nama harum Universitas Gajah Mada mewakili Indonesia dalam ajang Student Formula SAE 2017 yang diadakan di Jepang.

Sebagai Bimasakti Pertamina Racing Team, tim beranggotakan 36 orang ini merilis BM-6; mobil formula hasil rancangan setahun penuh pada tanggal 17 Agustus 2017, di Balairung Universitas Gadjah Mada bersama dengan sederetan pimpinan rektorat dan sponsor.

Dukungan dari Pertamina dan Telkomsel sebagai Exclusive Diamond Sponsor, Silk Air dan PT Waskita Karya sebagai Platinum Sponsor, PT Poeser Indonesia, Java Videotron, dan Garuda Indonesia Cargo sebagai Gold Sponsor, PT Abipraya dan BNI sebagai Silver Sponsor serta Indonesian Steel Tube Works, Kawasaki, Keizer Wheels, HRS Racing, PT Pelindo III, Braille Batteries, Godwheels, PT PJB, Petrokimia, UPT Logam Yogyakarta, Biies, Manualtech, dan AP Racing, semua sebagai sponsor kelas Bronze menjadi salah satu alasan utama terwujudnya semua inovasi dan mimpi-mimpi Bimasakti Pertamina Racing Team Generasi 6 tahun ini, yang membuat semangat para anggota tim sebagai generasi muda membara untuk mewujudkan mimpi bangsa memajukan industri otomotif.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, sebagai salah satu pendukung terbesar Bimasakti Pertamina Racing Team mengatakan, "Sesuai semangat Telkomsel yang selalu berinovasi menghadirkan yang terbaik, kami mendorong anak muda Indonesia untuk terus berkreasi melahirkan inovasi. Hal inilah yang ditunjukkan para mahasiswa di Tim Bimasakti FSAE UGM yang tak kenal lelah meningkatkan kualitas mesin dan desain dalam merancang mobil formula. Kami berharap dukungan Telkomsel mampu memberikan suntikan motivasi bagi tim yang berkiprah di ajang The 15th Student Formula SAE Competition of Japan untuk bikin keren Indonesia di kancah internasional.”

Menargetkan Top 5 dalam Acceleration Event, Top 20 dalam Autocross Event, memperoleh Efficiency Event Award, Best Improvement Award, disertai dengan beragam pencapaian lainnya dalam semua cabang perlombaan yang terdapat di Student Formula SAE Japan 2017 menjadi pemicu para anggota tim untuk mematrikan nama bangsa di mata dunia sebagai bangsa yang secara signifikan berkontribusi dalam inovasi industri otomotif secara signifikan.

dasarkan inovasi-inovasi termutakhir yang kami kerjakan dengan lima nilai yang kami junjung tinggi: professional, progresif, people friendly, passionate, dan solidarity; kami menargetkan menjadi Top 15 dalam ajang Student Formula Japan 2017 ini. Karena kami berharap pada jangka panjang, kami dapat menjadi tim Formula SAE yang terbaik di dunia dan juga dapat turut serta dalam kemajuan industri otomotif Indonesia,” ujar Rifqi, kapten tim, dengan penuh semangat. Dukungan yang besar dari Universitas ditunjukkan pula oleh rektor dan deretannya, ketika ditemui pada acara press conference, 17 Agustus kemarin.

"Universitas disegani bukan karena jumlah profesor maupun jumlah dosennya tetapi inovasi apa yang telah dilakukan oleh universitas tersebut," ujar Paripurna, selaku Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Alumni Universitas Gadjah Mada.

Menurutnya, kolaborasi mahasiswa-mahasiswi antar fakultas yang berbeda yang ditemukan di dalam tim Bimasakti merupakan bukti nyata dari kerja bersama yang diusung Indonesia sebagai tema hari kemerdekaan tahun ini.

Dengan upgrade dalam spesifikasi mobil, BM-6 siap menoreh rekor baru, siap bersaing dengan tim-tim yang turut memperlombakan kebisaannya di ajang Student Formula SAE 2017, Shizuoka, Jepang. Dengan 4 prinsip design: Ringan, melalui Bodywork serta Aerodynamic Devices yang terbuat dari carbon fibre reinforced plastic (CFRP), dan pengecilan roda menjadi 10 inch. Gesit, peningkatan performa mesin melalui traction control, launch control, dan beragam modifikasi serta penggunaan teknologi telemetri. Efisien, melalui penggunan adjustable fuel mapping. Ergonomi, dimana cockpit disesuaikan dengan postur driver. Itulah keunggulan dalam prosesi manufaktur tahun ini yang dengan pasti, mendorong Bimasakti Pertamina Racing Team untuk keep accelerating forward!
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8338 seconds (0.1#10.140)