Gunung Arjuno Kembali Terbakar, Titik Api Muncul di Hutan Kawasan Perhutani

Senin, 23 Oktober 2023 - 16:56 WIB
loading...
Gunung Arjuno Kembali Terbakar, Titik Api Muncul di Hutan Kawasan Perhutani
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di kawasan Gunung Arjuno. Foto/Ist
A A A
MALANG - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di kawasan Gunung Arjuno . Namun kali kali ini titik api masih dalam kawasan Gunung Ringgit, yang dikelola UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, Dinas Kehutanan, Jawa Timur.

Kepala UPT Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi membenarkan kawasan Tahura Raden Soerjo kembali terbakar sejak Minggu sore (22/10/2023) kemarin. Tetapi api muncul bukanlah dari kawasan Tahura Raden Soerjo, melainkan dari kawasan Perhutani di Blok Garotan Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

"Iya betul (terbakar) di Gunung Ringgit, masuk Tahura, kemarin sore, di luar area, (titik api) itu masuk Perhutani, Ledug," kata Wahyudi dikonfirmasi pada Senin sore (23/10/2023).

Titik api muncul dikatakan Yudi sapaan akrabnya, belum bisa diketahui penyebabnya. Sebab Blok Garotan Ledug, di kawasan Perhutani bukanlah merupakan jalur pendakian ke Gunung Arjuno. Selain itu, titik api juga masih jauh dari Gunung Arjuno, kendati berada satu kawasan di Tahura Raden Soerjo.



"Itu jauh dari pendakian, kawasan Perhutani, tidak melewati jalur pendakian. Tapi arahnya tidak tahu bisa saja menuju jalur pendakian, belum dapat laporan lagi," ucapnya.

Menurut Yudi, kebakaran di kawasan Gunung Ringgit menjadi yang kedua dalam dua bulan terakhir. Sebelumnya saat kawasan Gunung Arjuno - Welirang terbakar hebat, kawasan Gunung Ringgit, sisi Prigen, Pasuruan, juga ikut hangus terbakar.

"Mungkin nanti (arah api) ke arah Pecalukan, kalau dia berkembang terus. Luasan area terbakar belum diketahui, kita fokus pemadaman," ucapnya.

Saat ini untuk penanganan pihaknya telah dua tim sejak Minggu petang kemarin. Tim itu melakukan pemadaman melalui darat dengan menggunakan metode manual, membuat sekat, dan memukul-mukul titik api.

"Sudah dua kelompok yang di sana, sedang melakukan pemadaman sampai saat ini kita belum dapat laporan, belum dapat kontak. Tapi kalau dilihat dari asapnya sudah mulai menipis, mudah-mudahan bisa tertangani," paparnya.

Sejauh ini pendakian pun juga masih ditutup sejak kebakaran hebat melanda kawasan Gunung Arjuno pada Agustus lalu. Ia belum dapat memastikan kapan pendakian ke Gunung Arjuno Welirang kembali dibuka.

"Sejak kebakaran pertama dulu sudah ditutup belum dibuka, sampai batas waktu yang belum ditentukan," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)