Signify "Persenjatai" Satgas Penanganan COVID-19 dengan Troli UV-C

loading...
Signify Persenjatai Satgas Penanganan COVID-19 dengan Troli UV-C
Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Doni Monardo (kiri) dan Head of Integrated and Marketing Communications Signify Indonesia, Lea Indra dalam serah-terima donasi troli UV-C dari Signify Indonesia di Graha BNPB, Jakarta. Foto/ist
JAKARTA - Signify turut berkontribusi dalam melawan pandemik virus Corona di Indonesia. Kali ini kontribusinya berupa donasi 220 unit troli UV-C Double-tube Stainless Steel dengan sensor inframerah kepada Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menerima langsung bantuan tersebut di Graha BNPB, Jakarta, baru-baru ini. (Baca juga: Epidemiolog UI Sebut Wajar Penambahan Kasus Corona Capai 1.000 per Hari)

“Kami sangat menghargai apa yang Signify lakukan, karena memungkinkan kami untuk memperluas penggunaan teknologi yang telah terbukti ini. Keberadaan unit desinfeksi UV-C akan menambah dimensi baru terhadap upaya kami dalam memitigasi pandemik COVID-19 dengan menyediakan lingkungan yang lebih aman bagi masyarakat di fasilitas kesehatan,” kata Doni Monardo yang juga Ketua Satgas Penanganan COVID-19.

Rencananya, troli desinfeksi UV-C ini akan didistribusikan ke 21 rumah sakit di delapan provinsi prioritas. Masing-masing DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Peralatan ini bermanfaat untuk mendukung kesiapan dan kemampuan untuk mencegah, mendeteksi, dan merespons COVID-19. Salah satu kunci untuk menangani pandemik terletak pada memberikan perlindungan terhadap tenaga medis dan petugas yang melakukan kontak langsung dengan pasien COVID-19.



Selain menerapkan standar protokol kesehatan, desinfeksi UV-C dapat memperkuat tingkat perlindungan bagi mereka. Dengan paparan cukup, sinar UV-C akan mendesinfeksi ruangan dan permukaan benda dari semua kuman, bakteri, dan virus. Teknologi ini membantu mengurangi risiko tidak hanya untuk staf, tetapi juga pasien dan pengunjung rumah sakit dari fasilitas kesehatan penerima bantuan.

“Kami sangat antusias untuk mendukung langkah pemerintah dalam melawan virus COVID-19,” timpal Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia.

Dia menjelaskan, pencahayaan ultraviolet merupakan teknologi desinfeksi efektif yang telah dimanfaatkan Signify selama beberapa dekade. Produk ultraviolet-C yang kami donasikan ke BNPB dapat digunakan untuk mendesinfeksi fasilitas perawatan dan menciptakan lingkungan yang lebih aman untuk para petugas garda depan dan pasien.

Sinar Ultraviolet-C (UV-C) telah digunakan selama lebih dari 40 tahun untuk mendesinfeksi udara, air, dan permukaan. Sinar UV-C dapat menghancurkan DNA dan RNA dari bakteri, virus, dan spora, yang artinya menjadikan mereka tidak berbahaya. Sejauh ini, tidak ada mikroorganisme termasuk bakteri dan virus yang resisten terhadap paparan UV-C. (Baca juga: Pengumuman! Ekonomi Indonesia Resmi Minus 5,32% di Kuartal II/2020)

Namun perlu diingat bahwa sinar UV-C harus selalu digunakan sesuai dengan syarat dan instruksi keselamatan untuk menghindari paparan terhadap manusia dan hewan. Sebab sinarnya dapat merusak kulit dan mata mereka.
(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top