Australia Kembangkan Drone Cegah Ancaman Hiu

Minggu, 27 Agustus 2017 - 14:15 WIB
Australia Kembangkan Drone Cegah Ancaman Hiu
Australia Kembangkan Drone Cegah Ancaman Hiu
A A A
SYDNEY - Australia melakukan berbagai cara untuk mengamankan warganya dari serangan hiu. Maklum wilayah merka dikelilingi pantai yang dihuni hiu-hiu ganas. Salah satu yang mereka lakukan adalah dengan menciptakan drone yang dapat memantau pergerakan ikan buas itu secara real time, bernama Little Ripper.

Dilansir dari Engadget, Minggu (27/8/2017), pesawat tanpa awak Little Ripper akan memantau beberapa pantai di Australia untuk menandai hiu dan menyampaikan citra mereka ke sistem AI (augmebt intellegentsia) yang dapat mengidentifikasi hiu secara real-time dengan akurasi 90%.

Manusia masih harus menjalankan perangkat lunak (seseorang harus memverifikasi hasilnya), namun sistem yang sangat otomatis ini bisa cepat dan dapat diandalkan untuk menyelamatkan nyawa.

Deteksi AI adalah sistem pembelajaran mesin klasik. Tim melatih sistem untuk mencari ikan hiu berdasarkan video udara dan juga membedakannya dari kehidupan lain di atas air.

Pendekatan itu tidak hanya membantu mengidentifikasi hiu. Alat ini juga dapat menandai lumba-lumba, paus dan makhluk laut lainnya, yang dapat membantu peneliti melacak populasi.

Selain itu, penggunaan drone tidak hanya menghemat waktu penerbangan helikopter, tapi juga menawarkan bantuan langsung kepada siapa saja dalam kesulitan.

Little Ripper juga mengembangkan 'penolak' elektronik yang bisa digunakan oleh drone untuk menjaga hiu di teluk sampai tim penyelamat tiba.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7286 seconds (0.1#10.140)