Penyebab Malware Joao Menyebar Cepat di Indonesia

Selasa, 29 Agustus 2017 - 00:21 WIB
Penyebab Malware Joao Menyebar Cepat di Indonesia
Penyebab Malware Joao Menyebar Cepat di Indonesia
A A A
JAKARTA - Dari hasil mesin deteksi ESET di seluruh dunia, Indonesia termasuk salah satu negara yang paling parah terinfeksi malware Joao. Warganet Indonesia terkenal paling doyan mengunduh games di internet.

Bahkan menurut NewZoo, jumlah gamers Indonesia pada 2017 mencapai 43,7 juta pemain. Ini yang kemudian menjadi penyebab malware Joao menyebar dengan cepat dan meluas di Indonesia.

“Penyebab utama terjadinya penyebaran Jaoa yang meluas tidak hanya disebabkan oleh tingginya jumlah pemain yang menggunakan game bajakan dan mengunduh file dari sembarang tempat. Tapi, juga akibat kurangnya kesadaran pengguna tentang pentingnya keamanan siber," ujar Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh dalam keterangan tertulis, Senin (28/8/2017).

(Baca Juga: Malware Joao Ancam Gamers Indonesia
"Adanya pendapat antivirus memperlambat akses game turut menjadi andil pemain game menonaktifkan antivirus saat bermain dan menyebabkan munculnya kerentanan perangkat komputer mereka. Padahal saat ini sudah ada mode gamer (Gamers Mode) yang tidak akan memberatkan kinerja komputer atau menurunkan kemampuannya,” ujarnya.

Untuk membantu gamer di tanah air, Yudhi juga memberikan saran bagaimana cara mengetahui apakah perangkat komputer yang digunakan telah terinfeksi oleh malware Joao atau belum, yaitu dengan cara melakukan pencarian pada file bernama "mskdbe.dll".

Jika dari hasil pencarian ditemukan file tersebut, kemungkinan besar komputer telah terinfeksi oleh malware Joao. Namun jika tidak ditemukan, bukan berarti secara otomatis telah terbebas dari malware spionase ini. Karena pelaku dapat saja mengganti nama file kapan saja dia mau.

"Sebab itu, pengguna disarankan menggunakan antivirus yang dilengkapi Gamers Mode serta komprehensif untuk serangan lain seperti ransomware," tandas Yudhi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1459 seconds (0.1#10.140)