Gara-gara Ini, XL Lepas Elevenia

Selasa, 29 Agustus 2017 - 18:00 WIB
Gara-gara Ini, XL Lepas Elevenia
Gara-gara Ini, XL Lepas Elevenia
A A A
JAKARTA - Beberapa waktu lalu, PT XL Axiata (XL Axiata) mengumumkan untuk melepas sahamnya di Elevenia. Dengan begitu, XL tidak lagi bermain di pasar e-commerce Indonesia yang terus mengalami pertumbuhan pesat.

Lalu apa sebenarnya yang membuat operator yang identik dengan warna biru ini melepas sahamnya. Dalam hal ini, CEO PT XL Axiata Dian Siswarini melepas saham di Elevenia sudah merupakan langkah strategis.

"Yang datang ke industri e-commerce saat ini kan sudah pemain-pemain besar semua semua seperti Alibaba, dan Amazon juga mungkin akan datang. Jadi menurut saya kalau kita harus berkompetisi dengan para pemain besar tersebut Profit Probability nya juga akan semakin kecil," ujar Dian, di Grha XL, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Namun saat ditanyai apakah XL tidak memiliki niat untuk melakukan joint venture dengan para pemain besar di industri e-commerce. Dian menjawab, "kalau join itu kan kita juga harus tetap mengeluarkan biaya. Jadi saya kita akan fokus pada layanan data saja."

XL sendiri telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat ("CSPA") untuk melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT XL Planet ("elevenia") termasuk juga seluruh saham dari SK Planet Global Holdings Pte. Ltd. (SK Planet), kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

XL Axiata memiliki 50% saham kepemilikan di elevenia, sama dengan yang dimiliki oleh SK Planet. Kesepakatan CSPA ini berlaku untuk pengalihan saham yang dimiliki oleh XL Axiata dan SK Planet. Transaksi ini diharapkan selesai pada paruh kedua tahun ini setelah terpenuhinya kondisi-kondisi yang dipersyaratkan dan diperolehnya persetujuan dari beberapa instansi terkait.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8391 seconds (0.1#10.140)