SHARP Greenerator Rayakan Kemerdekaan dengan Aksi Hijau di Kebun Raya Bogor

Kamis, 31 Agustus 2017 - 09:04 WIB
SHARP Greenerator Rayakan Kemerdekaan dengan Aksi Hijau di Kebun Raya Bogor
SHARP Greenerator Rayakan Kemerdekaan dengan Aksi Hijau di Kebun Raya Bogor
A A A
JAKARTA - Semangat kemerdekaan HUT ke-72 RI yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia juga turut dirayakan oleh komunitas pecinta lingkungan yang digagas PT SHARP Electronics Indonesia, yaitu SHARP Greenerator, dengan cara yang berbeda. Untuk pertama kalinya, wujud nasionalisme ditunjukan dengan menggabungkan semangat perjuangan generasi muda dengan kesadaran menjaga lingkungan sebagai rasa terima kasih kepada bumi pertiwi. Gagasan ini dituangkan dalam kegiatan Independence Day Amazing Race yang dilakukan bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Sabtu, 26 Agustus 2017 bertempat di Kebun Raya Bogor bersama SHARP Greenerator dan ratusan siswa/siswi SMP terpilih.

Kegiatan yang diinisiasi langsung oleh anggota SHARP Greenerator ini juga mendapat dukungan penuh SHARP Indonesia, sebagaimana yang dituturkan oleh Pandu Setio selaku PR, CSR & Promotion Manager PT SHARP Electronics Indonesia, “Kami melihat perubahan yang cukup signifikan dari anggota SHARP Greenerator terutama akan pandangannya mengenai isu-isu lingkungan. Setelah mendapatkan materi dari SHARP dan NGO terkait, mereka semakin kritis dan memiliki inisiasi tinggi untuk menyusun dan mengeksekusi program kampanye hijau sendiri termasuk acara Independence Day Amazing Race ini.”

Dimentori oleh KRB – LIPI, kegiatan ini berfokus pada salah satu kampanye yang dijalankan oleh SHARP Greenerator yaitu Bombastik (Bogor Menuju Bebas Plastik) atau kampanye melalui sosial media untuk menyerukan ‘Satu Hari Tanpa Plastik’ di setiap hari Senin. Tidak hanya dijalankan secara online, kampanye ini juga diwujudkan dalam aksi nyata pada kegiatan ini.

Bogor kembali menjadi titik fokus pelaksanaan kegiatan SHARP Greenerator karena lokasinya dinilai sebagai hulu yang membawa aliran sungai ke kota lainnya. Untuk itu, penyelamatan lingkungan seperti pembersihan sampah perlu dilakukan dari pangkal agar berdampak pada daerah di sekitarnya.

“Dari Bogor, kami persempit lagi lokasi penyelenggaraan kegiatan ini dengan menyasar Kebun Raya Bogor. Selain menjadi tempat belajar yang pas untuk anak muda, Kebun Raya Bogor merupakan salah satu lokasi yang selalu dipadati pengunjung di akhir pekan. Rasanya pas sekali jika kegiatan ini bisa dilakukan di tempat umum agar bisa menarik perhatian pengunjung lain, terutama untuk ikut membersihkan sampah,” imbuh Basmah yang merupakan anggota SHARP Greenerator sekaligus Ketua Panitia Independence Day Amazing Race.

Seraya menyusuri lingkungan Kebun Raya Bogor untuk mempelajari keanekaragaman hayati khususnya untuk aneka rempah dan buah lokal, para peserta yang merupakan siswa dan siswi SMP serta anggota SHARP Greenerator juga turut mengumpulkan sampah yang berserakan dan mendatangi beberapa pengunjung untuk ikut serta menjaga kebersihan setempat.

Di akhir acara komunitas Greenerator mampu mengumpulkan sampah seberat 75 Kg yang diteruskan ke tempat pembuangan sampah yang dikelola oleh Kebun Raya Bogor. “Dengan ditemukannya banyak sampah plastik berserakan menandakan masih kurangnya kesadaran pengunjung Kebun Raya Bogor untuk menjaga kebersihan, Kami sangat berterima kasih dengan komunitas Sharp Greenerator yang telah membantu kami untuk meningkatkan kesadaran pengunjung dan membantu membersihkan sampah yang ada. Semoga kedepannya tidak ada lagi sampah sehingga koleksi keaneragaman hayati Kebun Raya Bogor dapat lestari”, ungkap Ir. Sugiarti HUMAS Kebun Raya Bogor.

Di samping mempelajari varian tumbuhan yang berada di sekitar Kebun Raya Bogor, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan perlombaan tradisional bertemakan 17 Agustus yang bertujuan untuk menguji kekompakan dan kerja sama tim.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2509 seconds (0.1#10.140)