Motor Sport Injeksi Pertama, Inilah Metamorfosis Yamaha Vixion

Kamis, 31 Agustus 2017 - 12:32 WIB
Motor Sport Injeksi Pertama, Inilah Metamorfosis Yamaha Vixion
Motor Sport Injeksi Pertama, Inilah Metamorfosis Yamaha Vixion
A A A
JAKARTA - Perjalanan Yamaha Vixion di Indonesia sudah relatif panjang, dan beberapa kali mengalami beberapa kali perubahan dari model lampu bulat hingga, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi menghadirkan All New Vixion R.

Dengan mengumpulkan dari berbagai sumber, SINDOnews coba mengoprek perjalan Yamaha V-Ixion di Indonesia, sepeda motor ini diluncurkan pada tahun 2007. Yamaha V-Ixion merupakan sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Yamaha Motor Company dengan menggunakan teknologi sistem injeksi bahan bakar. Sepeda Motor ini bersaing di kelas motor sport 150 cc untuk mengimbangi kompetitor dari produsen lainnya.

Secara konstruksi mesin, Yamaha V-Ixion merupakan pengembangan dari Yamaha Jupiter MX dan versi turunan dari Yamaha Scorpio Z. Tetap mengusung konfigurasi 4 klep dengan camshaft/noken tunggal, bervolume silinder 149,8 cc dan bersistem injeksi bahan bakar. Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila dibandingkan dengan penggunaan karburator karena dapat mengontrol rasio pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih akurat, baik dalam proporsi dan keseragaman. Menyalakan mesin menjadi lebih mudah, lebih tahan terhadap suhu ekstrim, dan meningkatkan interval perawatan kendaraan.

Yamaha Vixion Generasi Pertama Tahun 2007-2009

Motor Sport Injeksi Pertama, Inilah Metamorfosis Yamaha Vixion


Ini adalah generasi Yamaha Vixion pertama yang diluncurkan Yamaha Indonesia. Yamaha Vixion 2007 ini mempunyai ciri khas yakni rangka/chasis delatbox berwarna silver dengan memiliki headlamp bulat.

Sistem kelistrikan sudah menganust arus DC (Direct Current),hal itu bisa diketahui ketika kunci kontak diputar ke posisi ON maka lampu utama akan hidup dengan terang tanda arus listirk bersumber dari aki (baterai).

Yamaha Vixion Generasi Kedua Tahun 2010-2012

Motor Sport Injeksi Pertama, Inilah Metamorfosis Yamaha Vixion


Yamaha Vixion generasi ke-2 ini merupakan penyegaran dari Yamaha Vixion diversi sebelumnya, Yamaha Vixion Generasi ke-2 tampilan lampu bulat mulai ditinggalkan sudah berganti dari bentuk bulat menjadi agak meruncing,ini membuatnya terkesan agresif. Tampilan warna rangka juga digantikan warna grey aka abu dari sebelumnya berwarna silver.

Namun untuk urusan bodi, mesin dan kelistrikan masih sama dengan generasi pertama.

Yamaha Vixion Generasi Ketiga Tahun 2012- 2014


Motor Sport Injeksi Pertama, Inilah Metamorfosis Yamaha Vixion


Ditahun 2012 Yamaha Indonesia merilis generasi ke-3 dari Yamaha Vixion. Bukan facelift lagi tapi All New!

,YIMM menamai motor dengan sistem pendingin cairan tersebut dengan label Yamaha New Vixion Lightning.

Secara tampilan jauh berubah,baik dari body,kaki kaki ,fitur hingga spesifikasi!

Dari tampilan,Yamaha New Vixion jauh lebih gambot jika dibanding old Vixion,hal ini dikarenakan NVL dibekali body yang agak besar,tangki muskular dan shourd yang lebar! kemudian headlamp juga makin lebar.

Memilik kaki kaki Yamaha New Vixion Lightning jelas lebih kekar,lantaran telah dibekali velg dan ukuran ban yang lebar,kemudian swing arm juga lebih keren walau masih sama sama kotak dan satu lagi generasi ketiga untuk sistem pengereman sudah dilengkapi rem cakram.

Fiturnya ditambah,seperti panel meter kombinasi analog dan digital

Spesifikasi jelas berubah,misalnya aja mesin yang digunakan memiliki kode produksi 3C1,arus kelistrikan yang berubah menjadi AC (alternating current) enggak DC lagi seperti Old Vixion,katanya sih banyak keluhan dari owner old vixion kalau lampunya cepat mati lah enggak bisa dimatikan lah,padahal bisa dipasang saklar generasi pertama.

Supaya tetap bertahan seiring ketatnya persaingan dengan Honda CB150R Streetfire,ditahun 2015 Yamaha Indonesia merilis Yamaha Vixion generasi ke-4 hasil facelift dari Yamaha Vixion Lightning (NVL). Labelnya telah berganti menjadi Yamaha New Vixion Advance!

Yamaha Vixion Generasi ke-4 2017

Motor Sport Injeksi Pertama, Inilah Metamorfosis Yamaha Vixion


Secara tampilan hampir mirip dengan generasi ke-3, namun New Vixion R dipastikan memiliki torsi yang merata dan irit bahan bakar. Pabrikan motor asal Jepang ini juga di desain bagi konsumen yang suka motor sport 150 cc ingin naik kelas ke 155 cc dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation).

All New Vixion R menggendong mesin 155 cc, 6 percepatan, 4 katup yang sama digunakan pada All New R15, dan dilengkapi VVA yang menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin.

Motor ini juga menggunakan fitur assist yang membuat kopling lebih ringan, dan fitur slipper clutch yang menjamin perpindahan gigi menjadi lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Sebelumnya pada April 2017, Yamaha telah memperkenalkan Vixion berbekal mesin 150 cc dengan harga jual Rp26 juta berstatus on the road Jakarta. Yamaha Vixion R akan bersaing dengan Honda CB150R dan Suzuki GSX-S150 di segmen motor sport 150 cc.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6707 seconds (0.1#10.140)