Hasil Survey Buktikan Anak Semakin Sering Membuka Konten Negatif

Rabu, 06 September 2017 - 06:02 WIB
Hasil Survey Buktikan Anak Semakin Sering Membuka Konten Negatif
Hasil Survey Buktikan Anak Semakin Sering Membuka Konten Negatif
A A A
JAKARTA - Kaspersky Lab menerbitkan laporan terbaru mengenai aktivitas anak-anak di seluruh dunia dalam menggunakan komputer. Hasil analisis menunjukkan bahwa saat ini, kebanyakan anak-anak di seluruh dunia lebih jarang berkomunikasi, bermain dan mengakses konten dewasa melalui komputer jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun dalam hal ini mereka lebih sering membuka situs web yang memberikan informasi tentang narkoba, alkohol dan tembakau. Topik terakhir ini sangat diminati oleh anak-anak di Amerika Utara, Oceania dan Eropa Barat.

Laporan tersebut, mencakup periode 12 bulan dari Mei 2016 sampai April 2017, menunjukkan statistik anonim dari solusi Kaspersky Lab untuk PC Windows dan Mac dengan modul Parental Control diaktifkan, dan menunjukkan data mengenai kunjungan atau percobaan kunjungan ke situs web dengan konten yang berpotensi membahayakan, termasuk satu dari tujuh kategori preset paling populer seperti situs komunikasi, alkohol, tembakau, narkotika; gim komputer, perangkat lunak, audio, video, e-Commerc, dan konten dewasa.

"Kami melihat adanya perubahan besar dalam aktivitas online anak-anak dari komputer ke perangkat mobile. Sekarang anak-anak hanya menggunakan komputer untuk mengunjungi situs web yang tidak memiliki aplikasi seluler yang setara atau lebih mudah dilihat di layar yang lebih besar. Ini mungkin menjelaskan mengapa proporsi mengunjungi situs web komunikasi di komputer mengalami penurunan, sementara proporsi situs webdengan konten 'alkohol, tembakau, narkotika' semakin meningkat," ungkap Anna Larkina, Web-content Analysis Expert Kaspersky Lab, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (5/9/2017).

Tercatat, 61% anak-anak membuka situs komunikasi (seperti media sosial, perpesanan, atau e-mail, apabila dibandingkan dengan 12 bulan sebelumnya (Mei 2015 sampai April 2016) yang sebanyak 67%. Gim komputer turun menjadi 9% dari 11%, dan situs dewasa saat ini mencapai 1,2% dan bukan 1,5%.

Sementara itu, kunjungan ke halaman yang berisi informasi tentang narkoba, alkohol dan tembakau sekarang mencakup 14% pendeteksian, meskipun jumlahnya hanya 9% dalam periode pelaporan sebelumnya. Minat membuka halaman yang memiliki software, audio dan video juga meningkat: 6% vs 3%.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6276 seconds (0.1#10.140)