Tren Efisiensi Budget IT Era Linux

Kamis, 07 September 2017 - 20:30 WIB
Tren Efisiensi Budget IT Era Linux
Tren Efisiensi Budget IT Era Linux
A A A
JAKARTA - Bagi sebuah perusahaan menerapkan sistem keamanan dalam jaringan komputer merupakan kewajiban yang tidak bisa terhindarkan. Sebagian besar perusahaan juga memiliki tanggung jawab kepada staf dan pelanggan mereka untuk mengamankan data yang digunakan atau disimpan pada server perusahaan.

Pengelolaan keamanan jaringan, manajemen kontrol sebagai regulator untuk mengawasi dan mengatur sistem keamanan yang ditempatkan dalam server juga perlu menjadi perhatian. Karena sering kali server ikut jadi sasaran serangan. Karena itu sebuah perusahaan yang memiliki jaringan memerlukan server yang sebagai manajemen kontrol yang tidak mudah ditembus.

“Server adalah jantung kehidupan bagi keamanan sistem perusahaan, fungsi utamanya sebagai manajemen kontrol yang mengelola, mengawasi kinerja sistem keamanan, yang menjadikannya sebagai obyek vital dalam perusahaan. Pemilihan platform menjadi krusial, karena ini merupakan elemen mendasar dalam sebuah komputer. Jika kita membandingkan satu platform dengan platform lain, maka Linux adalah yang paling direkomendasikan, karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki platform lain,” ujar Technical Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, Kamis (7/9/2017).

Server yang mengemban tugas sebagai pengelola sistem keamanan seperti antivirus, firewall, dan enkripsi harus memiliki induk semang dengan kerentanan seminim mungkin dalam mengurangi peluang ancaman yang masuk. Kriteria itu sangat sesuai dengan Linux.

ESET mengklaim 100% Native Management Antivirus di Linux. Hal ini memberikan kemudahan pada perusahaan yang memiliki infrastruktur beragam. Perusahaan tetap bisa menikmati perlindungan antivirus pada semua sistem operasi, dan melakukan manajemen antivirus pada sistem operasi Linux.

ESET Remote Administrator (ERA) adalah aplikasi untuk mengelola produk ESET di lingkungan jaringan, termasuk workstation, server dan perangkat seluler dari satu lokasi pusat. Menggunakan ESET Remote Administrator Web Console (ERA Web Console) pengguna dapat mengelola tugas, menerapkan kebijakan keamanan, memantau status sistem dan dengan cepat merespons masalah atau ancaman pada komputer dari jarak jauh.

ERA dapat diinstal pada Windows dan server Linux selain mendukung native hypervisor, seperti VMware vSphere/ESXi, Microsoft Hyper-V dan hypervisor host yang biasanya berjalan pada sistem operasi desktop seperti VMware Workstation, VMware Player, Oracle VirtualBox. Dengan begitu kemampuan adaptif ERA terhadap berbagai platform akan memudahkan implementasi pada jaringan perusahaan membuatnya menjadi lebih efektif dan efisien.

Apabila sistem komputer perusahaan menggunakan virtualisasi, ESET Remote Administrator sebagai virtual appliance memudahkan penyebaran ESET pada beberapa host sekaligus, sehingga informasi yang ditampilkan dalam ESET Remote Administrator akan sama seperti di dalam server virtual machine. Terlepas dari itu, fungsi ERA sebagai sistem manajemen terpusat dan remote management tetap berjalan untuk mengontrol virtual machine dan mengambil berbagai tindakan yang diperlukan melalui web konsol.

Kemudahan penyebaran dari komputer host ke komputer guest dapat terjadi karena adanya peranan OVA, yaitu ekstensi virtualisasi ESET untuk mempermudah implementasi ERA. OVA merupakan paket penginstalan yang terdiri dari ERA dan Linux yang dibundel, apabila dijalankan akan memasang sistem operasi Linux dan ERA sekaligus. Sehingga IT perusahaan tidak perlu lagi menginstal satu persatu Linux dan Era secara terpisah yang bisa menghabiskan banyak waktu.

“Stabilitas, daya tahan dan kemampuan proses yang tinggi membuat kenapa Linux disandingkan dengan ERA dalam OVA. Selain itu sebagai open source, Linux bisa digunakan secara bebas tanpa memerlukan lisensi atau royalti yang dibayarkan, sehingga dapat membantu dalam memangkas pengeluaran perusahaan dalam jumlah besar. Opsi lain yang bisa menjadi pertimbangan perusahaan adalah keamanan, minimnya celah keamanan dan kerentanan platform Linux mempersempit ruang bagi penjahat siber untuk mengeksploitasi,” jelas Yudhi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2479 seconds (0.1#10.140)