alexa snippet

Alasan Asus Tak Lagi Luncurkan Jajaran Smartphone Sekaligus

Alasan Asus Tak Lagi Luncurkan Jajaran Smartphone Sekaligus
Bila sebelumnya vendor smartphone asal Taiwan, Asus kerap meluncurkan jajaran produknya sekaligus, namun pada peluncuran seri Zenfone 4 berbeda. Foto/Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Ada yang berbeda dari strategi pemasaran yang dilakukan Asus. Bila sebelumnya vendor smartphone asal Taiwan ini kerap meluncurkan jajaran produknya sekaligus, namun pada peluncuran seri Zenfone 4 berbeda.

Country Marketing Manager Asus Indonesia, Galip Fu mengatakan, strategi peluncuran smartphone secara bersamaan kurang tepat dilakukan Asus. Di mana produk Zenfone yang sudah ada di pasaran termakan karena banyaknya pilihan dan harga yang ditawarkan.

"Itu merupakan kesalahan. Itu benar-benar sebuah kesalahan. Kami memang sudah mengubahnya," ujar Galip Fu, di Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Fu menjelaskan, strategi yang Asus ternyata berimbas pada distributor dan konsumen. Sehingga saat Zenfone 3 diluncurkan banyak distributor yang tidak mau menjualnya karena persedian Zenfone 2 masih banyak.

"Cara ini sebenarnya membantu Asus dalam menjaga market share. Tapi memang menjadi kurang sehat untuk para distributor dalam menjaga margin penjualan," terangnya.  

Penurunan market share pada Q1 dan Q2 2017 menjadi pelajaran bagi Asus, yang kemudian mereka mengubahnya mulai Q3 2017. Asus pun baru meluncurkan Zenfone 4 Max Pro sebagai produk teranyar miliknya. Ke depan Asus siap meluncurkan jajaran Zenfone 4 lainnya sampai akhir tahun.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top