Mengenal Arti Genocide dan Ceasefire yang Muncul di Tengah Perang Israel-Palestina

Senin, 30 Oktober 2023 - 17:15 WIB
loading...
Mengenal Arti Genocide dan Ceasefire yang Muncul di Tengah Perang Israel-Palestina
Warga Palestina memeriksa kerusakan setelah serangan Israel, di kamp pengungsi Beach, di Kota Gaza, 9 Oktober 2023. Foto/REUTERS/Mohammed Salem
A A A
GAZA - Perang Israel dan Hamas di Palestina masih terus berkecamuk hingga kini. Terbaru, bahkan beberapa pihak sudah menyebut pertempuran ini telah memasuki babak baru.

Pada konflik yang terjadi antara Israel dengan Hamas di Palestina, tercatat sudah banyak korban jiwa berjatuhan. Menyikapi kondisi ini, negara-negara di dunia terus menyerukan penghentian perang.

Bersamaan dengan kondisi perang tersebut, akhir-akhir ini muncul istilah seperti ‘genocide’ dan ‘ceasefire’. Lantas, apakah arti dari kedua istilah tersebut?

Arti Genocide dan Ceasefire pada Perang Israel-Palestina

1. Genocide


Genocide dalam bahasa Indonesia biasa dikenal sebagai genosida. Merujuk pengertiannya, KBBI menjelaskan bahwa genosida adalah pembunuhan besar-besaran secara bertahap terhadap suatu bangsa atau ras.

Sementara dari asal katanya, genosida berasal dari kata Geno (bahasa Yunani) yang berarti ras serta cidium (bahasa Latin) yang bermakna membunuh.

Jadi, genosida bisa diartikan sebagai tindakan pembantaian massal terstruktur terhadap sebuah bangsa atau ras tertentu

Melihat dampak yang ditimbulkan, tindakan genosida sangat ditentang dunia internasional. Pada konflik Israel-Palestina, istilah tersebut juga sempat mencuat.

Sejumlah pengamat mengingatkan adanya potensi genosida yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina, khususnya di Jalur Gaza. Hal ini tentu tak terlepas dari serangan yang kian brutal oleh militer negara Zionis tersebut.

Sebelumnya, Israel memang berdalil tidak menjadikan warga sipil Palestina sebagai sasaran. Namun, pada kenyataannya, mereka melancarkan serangan udara bertubi-tubi dengan target tempat umum seperti rumah sakit dan sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)