Amankan Slot Orbit Telkom 1, Menkominfo Akan Temui Sekjen ITU

Rabu, 13 September 2017 - 14:59 WIB
Amankan Slot Orbit Telkom 1, Menkominfo Akan Temui Sekjen ITU
Amankan Slot Orbit Telkom 1, Menkominfo Akan Temui Sekjen ITU
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara bergerak cepat untuk mengamankan slot orbit Satelit Telkom 1 yang tidak lagi berfungsi. Dalam hal ini Menkominfo dijadwalkan segera menemui Sekretaris Jenderal (Sekjen) International Telecommunications Union (ITU), lembaga PBB di bidang telekomunikasi yang bermarkas di Jenewa, Swiss.

Hal ini dikemukan Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemkominfo, Ismail yang mengungkapkan pertemuan tersebut rencananya akan berlangsung pada akhir September 2017. Upaya ini dilakukan agar slot orbit 108 Bujur Timur (BT) tetap aman dan tidak digunakan pihak lain.

"Pak Menkominfo akan segera bertemu langsung dengan Sekjen ITU. Salah satu agendanya tentang pengamanan slot orbit ini (Satelit Telkom 1)," kata Ismail, baru-baru ini, di Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Sebelumnya, Ismail menjelaskan bilan Kemenkominfo mewakili pemerintah Indonesia juga sudah mengirimkan surat pemeberitahuan. Melalui surat tersebut, Kemkominfo ingin memastikan bahwa slot orbit 108 BT dapat di suspend terlebih dahulu sebelum satelit Telkom 4 diluncurkan pada pertengahan 2018.

Agar tidak terlalu lama terjadi kekosongan, Direktur Utama Telkom, Alex J. Sinaga mengatakan pihaknya juga tengah mengupayakan agar peluncuran Satelit Telkom 4 sebagai pengganti Satelit Telkom-1 bisa dipercepat dari jadwal yang sudah ditetapkan pada 17 Agustus 2018.

Dari hasil pertemuan terakhir dengan Space Systems Loral (SSL) selaku pabrikan Satelit Telkom 4, ada peluang untuk meluncurkan Satelit Telkom-4 lebih cepat 60 hari dari jadwal semula.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2968 seconds (0.1#10.140)