Keindahan Dunia yang Bisa Mendatangkan Ujian Hidup

Senin, 06 November 2023 - 08:11 WIB
loading...
Keindahan Dunia yang Bisa Mendatangkan Ujian Hidup
Ada beberapa keindahan dunia yang disukai manusia, namun banyak manusia tidak sadar bahwa kesukaan terhadap keindahan dunia ini adalah ujian besar baginya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada keindahan dunia yang sangat disukai manusia, padahal keindahan itulah yang bisa menjadi ujian hidup bagi seorang hamba. Apa saja keindahan dunia tersebut?

Semua yang terlihat indah akan disukai, padahal semua yang indah dalam pandangan manusia bisa jadi dalam rangka ujian yang Allah Ta'ala berikan kepada hamba-hamba-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ


“Dijadikan terasa indah pada pandangan manusia kecintaan terhadap apa-apa yang diinginkannya dari perempuan-perempuan dan anak-anak laki-laki, dan harta yang berlimpah dari emas dan perak, dan kuda pilihan, dan binatang ternak, juga sawah ladang. Itu adalah kesenangan kehidupan dunia, dan di sisi Allah ada tempat kembali yang baik.” (QS. Ali-Imran : 14)

"Ini adalah yang disebutkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dimana biasanya manusia menyukainya,"ungkap Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc dalam salah satu tausiyahnya dalam Kajian Sunnah, belum lama ini.

Menurutnya, hal ini dijadikan indah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam rangka ujian. Dan kalau tidak ada hal-hal tersebut (ujian), maka kita tidak tahu mana mukmin yang benar-benar mukmin dan mana yang hanya sekadar di lisan saja.

Allah mengatakan pada ayat ini:

1. Kecintaan syahwat (terhadap apa yang diingini)”
2. Kecintaan terhadap wanita

Kecintaan syahwat inilah yang tercela, sehingga seseorang menikahi wanita hanya karena syahwatnya dan bukan karena yang lain.

"Oleh karena itu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam tidak masuk dalam hal ini. Tidak boleh dikatakan bahwa beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam termasuk orang yang dijadikan pandangannya terasa indah mencintai hal-hal tersebut dengan kecintaan syahwat,"papar Ustadz yang rutin mengisi berbabagi kajian di wilayah Jakarta ini.

Menurut Ustadz Abu Ya'la Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam tidak menikahi wanita yang masih gadis kecuali ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha. Kalau menikahnya karena syahwat, niscaya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam akan menikahi gadis-gadis yang cantik. Padahal tidak ada yang menghalanginya, hal ini bisa dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,
tetapi beliau tidak melakukannya.

Akan tetapi Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

حُبِّبَ إِلِيَّ مِنْ دُنْيَاكُمُ النِّسَاءُ وَالطِّيبُ


“Dijadikan kecintaan kepadaku dari dunia kalian wanita dan minyak wangi.” (HR. Ahmad dan yang lainnya)

Ustadz Abu Ya'la memaparkan, dalam hal ini karena dalam pemilihannya Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam terhadap wanita yang beliau jadikan istri beliau sendiri ada maslahat-maslahat yang sangat besar. Yaitu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sering berinteraksi dengan manusia dan dengan kabilah suku-suku Arab.

Demikian juga maslahatnya adalah untuk menyebarkan ilmu dari jalan para wanita. Apalagi ilmu-ilmu yang berhubungan dengan rumah tangga yang tidak diketahui melainkan oleh para wanita. Juga maslahat-maslahat yang lainnya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4138 seconds (0.1#10.140)