Gunakan Energi Air, Kecepatan Motor Ini Melebihi Roket NASA

Rabu, 20 September 2017 - 14:08 WIB
Gunakan Energi Air, Kecepatan Motor Ini Melebihi Roket NASA
Gunakan Energi Air, Kecepatan Motor Ini Melebihi Roket NASA
A A A
PARIS - Kecepatan roket NASA dan motor Ack Attack kini terpatahkan oleh motor roda tiga dari Prancis. Hebatnya motor ini bukan berbahan bakar minyak, namun motor ini menggunakan energi air.

Seseorang bernama Franois Gissy mengunggah video di Youtube memperlihatkan peragaan dari ujicoba motor yang bagian belakangnya dimodifikasi dijadikan tabung air bertekanan tinggi, sehingga mampu mendorong motor tersebut hingga ke kecepatan 99 km/jam.

Dalam video yang diambil dari lokasi Sirkuit Paul Ricard Prancis terlihat, motor ini mampu melaju hingga 60 mph hanya dalam waktu 0,55 detik dan sanngup berlari sejauh delapan mil dalam 3,95 detik.

Seperti dilansir dari Carscoops, Gissy mengatakan akselarasi motor ini sangat brutal sehingga Gissy mengalami gaya G lebih besar dari roket astronot NASA saat diluncurkan, dengan torsi sebesar 5,13

" Kami berusaha meluangkan waktu sprint dari 0-155 mph (250 km / jam) dan mendapat waktu sekitar 3 detik," tutur Gissy.

Ack Attack mencatatkan rekor sepeda motor tercepat pada 2010 silam dengan kecepatan 376.363 mil/jam (605.697 km/jam). Rekor itu direngkuh di Bonneville Speedway, Utah, Amerika Serikat.

Tak puas sampai disitu, Ack Attack bersiap untuk membukukan rekor baru. Usaha itu akan dilakukan pada 3-8 Agustus nanti di dataran kayak garam (salt flat) terluas sejagad di Salar de Uyuni, Bolivia.

"Bolivia dipilih karena memiliki jalur lebih panjang yaitu 16 mil (25,7 km), dibandingkan jalur di Bonneville yang hanya 7 mil (11,2 km)," kata pengendara Ack Attack Rocky Robinson.

Jalur yang lebih panjang ini, kata dia, bakal memudahkan Ack Attack untuk menggapai kecepatan lebih tinggi. Selain itu, dari faktor keamanan, jalur yang lebih panjang dua kali lipat tersebut juga bermanfaat.

Ack Attack mulai dibangun pada 2003 dengan dukungan dari produsen oli kendaraan Amerika Serikat, Top 1.

Ack Attack dipersenjatai dua mesin milik sepeda motor produksi massal tercepat dunia, Suzuki Hayabusa, yang dimodifikasi lagi secara radikal dan ditambahkan dengan turbocharger. Gelontoran tenaganya diklaim lebih dari 900hp.

"Saat kami mulai menciptakan Ack Attack pada 2003, target kami melebihi kecepatan 322 mil/jam (518 km/jam) yang nyatanya berhasil dan bertahan lebih dari 16 tahun. Tapi, di bayangan saya, motor yang kami bangun bisa melaju hingga 400 mil/jam (643,7 km/jam)," ucap salah satu anggota tim pembuat Ack Attack, Mike Akatiff.

(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7653 seconds (0.1#10.140)